BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sistem Pendidikan Nasional yang
tercantum dalam Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003, dinyatakan bahwa pendidikan
diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara. Untuk itu dalam rangka meningkatkan mutu
pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum maupun peningkatan mutu
penyelenggaraan pendidikan di madrasah maka segala aspek dalam pelaksanaan perlu
terus dipantau, dinilai dan dibina.
Ditegaskan pula dalam Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahuun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam pasal 19 tentang
standar proses dan pasal 55 mengenai standar pengelolaan menyebutkan bahwa
setiap satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan proses pembelajaran
,pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran serta
pengawasan proses pembelajaran yang efektif dan efesien diperlukan kegiatan
pemantauan,supervises,evaluasi dan pelaporan serta pengambilan langkah tindak
lanjut hasil pengawasan.
Adapun
peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai melalui peningkatan
kualitas Pembelajaran yang memiliki
makna strategis dan berdampak positif berupa (1) peningkatan kemampuan dalam
menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran yang dihadapi secara nyata,
(2) peningkatan kualitas masukan, proses dan hasil belajar, (3) peningkatan
profesionalitas pendidik, dan (4) penerapan prinsip pembelajaran berbasis
penelitian. dan Peningkatan kualitas Pengelolaan .Serta peningkatan kualitas
pengelolaan pendidikan yang akan menciptakan pendidikan yang transparan,
akuntabel, berdaya saing tinggi dan menghasilkan pencitraan yang positif.
Pengawas
madrasah atau sekolah dalam Sistem Pendidikan Nasional ditempatkan sebagai
fungsi yang melakukan evaluasi atas pelaksanaan pembelajaran yang ada di
madrasah/sekolah. Salah satu kewenangan pengawas dalam hal ini pengawas PAI adalah “memberi masukan, saran
dan bimbingan dalam penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran
yang dilakukan di kelas.
Untuk itu Pengawas Pendidikan Agama Islam
yang mempunyai tugas pokok membina dan menilai pelaksanaan Pendidikan Agama
Islam di sekolah umum dan melakukan pembinaan dan penilaian atas
penyelenggaraan pendidikan pada madrasah secara menyeluruh baik teknis
pendidikan maupun administrasi perlu melakukan analisis terhadap hasil
pemantauannya sehingga kinerja guru maupun madrasah yang dibinanya dapat terus
diikuti perkembangannya, sekaligus menentukan strategi dan program pembinaan
berikutnya. Dalam melakukan pemantauan, pembinaan maupun penjaringan data,
seorang Pengawas Pendidikan Agama Islam menggunakan alat bantu yang disebut
dengan “Instrumen Supervisi” dan dipergunakan untuk merekam segala komponan
(aspek) yang berhubungan dengan pengelolaan madrasah termasuk di dalamnya aspek
manajerial maupun aspek akademik.
Kemampuan sekolah dalam memberikan layanan
pembelajaran secara efektif dan efisien sangat bergantung pada kualitas
guru-gurunya yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan keefektifan
mereka dalam melaksanakan tanggung jawab individual serta kelompok. Guru harus
mampu berperan sebagai desainer (perancang), implementator (pelaksana), dan
evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran.Guru merupakan faktor paling dominan,
karena di tangan merekalah keberhasilan pembelajaran dapat dicapai. Kualitas
mengajar guru baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengarui
kualitas pembelajaran khususnya dan kualitas
satuan pendidikan pada umumnya.
Peran strategis guru tersebut menuntut pembinaan
dan pengembangan yang terus-menerus melalui supervisi atau pengawasan baik
akademik maupun manajerial. Supervisi pengajaran perlu diarahkan pada
upaya-upaya yang sifatnya memberikan kesempatan kepada para guru untuk
berkembang secara profesional, sehingga mereka lebih mampu melaksanakan tugas
pokoknya, yaitu memperbaiki dan meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar.
Supervisi pengajaran merupakan kegiatan-kegiatan yang menciptkan kondisi yang
layak bagi pertumbuhan profesional guru secara intensif. Kegiatan pengawasan
memungkinkan pendidik memperoleh arah dalam mencapai tujuan dan belajar
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pembelajaran dengan imajinatif, penuh
inisiaftif, dan kreatifitas, bukan konformitas (Djam’an Setari, 1989).
Supervisi akademik atau instruksional yang berkenaan dengan efektifitas
eksternal biasanya berkenaan dengan aspek kualitatif, yang memberi jawaban pada
pertanyaan bagaimana siswa belajar lebih baik. Tipe supervisi ini secara
eksklusif dilaksanakan oleh staf pengawas lapangan untuk mengevaluasi hasil
kerja guru dan meningkatkan mutu
pembelajaran. Supervisi akademik merupakan kegiatan terencana yang ditujukan
pada aspek kualitatif sekolah dengan membantu guru melalui dukungan dan
evaluasi pada proses belajar dan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.
Untuk mencapai hasil yang lebih maksimal maka dalam pengawasan perlu adanya
pemilihan pendekatan dan metode yang tepat, terarah, dan terprogram yang
meliputi aspek akademik maupun manajerial.
Dalam
penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP,SMA,SMK Kecamatan Sekotong,Lembar,Gerung,Labuapi
dan Kuripan, ada Guru PAI yang telah
mampu bekerja secara optimal, namun sebahagian lagi sebaliknya.. Untuk itu, keberadaan pengawas mempunyai andil yang cukup besar dalam
membantu para guru untuk meningkatkan kinerjanya.
B. Landasan Hukum
1.
Undang – undang Republik Indonesia
Nomor 20 tahun 2003 tentang Siikdiknas.
2.
Peraturan Pemerintah Nomor 74
tahun 2008 tentang Guru.
3.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32
Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun
2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12
tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/madrasah
6.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor
39 tahun 2009 tentang Beban Kerja Guru dan Pengawas Sekolah
7.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional
Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya
C. VISI, MISI dan TUJUAN PENGAWASAN
1.
Visi
Terwujudnya Pengawas yang Profesional, Mandiri dan berketeladanan.
2.
Misi
a.
Meningkatkan efektifitas
pelaksanaan pengawasan yang didasarkan pada prosedur dan kreteria yang jelas.
b.
Mengembangkan system pengawasana
PAI yang lebih mandiri dan obyektif
c.
Melakukan koordinasi melalui
fungsi pengawasan yang dilakukan melalui lintas atau multi instansi.
d.
Meningkatkan kualitas pengawas
melalui workshop, diklat, seminar, dan diskusi.
e.
Melaksanakan pembinaan ke sekolah
dalam rangka pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP).
f.
Melaksanakan Pembinaan ke sekolah
dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam.
g.
Mendorong terwujudnya
akuntabilitas kerja kepengawasan PAI.
3. Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah
:
a.
memfasilitasi sekolah,
kepala sekolah, dan guru dalam melaksanakan
perbaikan pekerjaanya secara berkelanjutan dalam memenuhi standar nasional
pendidikan.
b.
Guru PAI dapat menyusun perangkat
pembelajaran PAI di sekolah dengan mengacu/sesuai kurikulum yang berlaku.
c.
Efektifnya pola pembinaan guru
PAI, baik yang dilakukan oleh pengawas,
kepala sekolah, maupun oleh organisasi profesinya.
d.
Penyelenggaraan PAI yang
dijadwalkan dalam bentuk tatap muka di kelas dapat berjalan efektif dengan menggunakan pendekatan yang
menciptakan suasana menyenangkan, ispiratif dan kreatif untuk meningkatkan minat siswa terhadap
pembelajaran PAI.
e.
Memaksimalkan fungsi MGMP bagi guru PAI untuk menyalurkan
aspirasinya.
f.
Terciptanya koordinasi antara guru PAI dengan wali kelas
dan pembina ekstrakurikuler dalam
membimbing/membina siswa yang akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat
akademis/non akademis dan kegiatan
ekstrakurikuler.
D. SASARAN
DAN STRATEGI PENGAWASAN
1. Sasaran
Secara garis besar sasaran
kepengawasan mencakup (1) input yakni Segala sesuatu yang harus
tersedia karena dibutuhkan untuk berlangsungnya proses, seperti : sumber daya,
perangkat lunak, dan harapan-harapan proses, dan output, (2) Proses merupakan
berubahnya sesuatu menjadi sesuatu yang lain yang lebih baik. Faktor-faktornya
meliputi : peserta didik, guru, tenaga kependidikan, kurikulum, alat, dan buku
pelajaran, serta kondisi lingkungan sosial dan fisik sekolah (3) Output
meliputi kinerja guru, prestasi akademik dan prestasi non akademik
Sasaran tersebut dijabarkan dalam indikator pencapaian
berikut :
a.
Terhimpun data kinerja sekolah dalam memenuhi standar pengelolaan program jangka menengah dan tahunan dalam pemenuhan delapan standar
nasional pendidikan.
b.
Terhimpun data kinerja kepala sekolah dalam perannya sebagai pemimpin pembelajaran.
c.
Terhimpun data kinerja kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi implementasi perubahan :
1)
Pengembangan perencanaan pembelajaran.
2)
Implementasi
kurikulum dalam proses pembelajaran
3)
Pelaksanaan
penilaian
4)
Supervisi
pembelajaran
5)
Pemberdayaan
TIK dalam pembelajaran
6)
Evaluasi perekembangan belajar
7)
Terhimpunnya data tentang pembinaan dan pendampingan
pendidik dan tenaga kependidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
d. Terhimpun data kinerja guru dalam pengembangan
perencanaan pembelajaran yang meliputi sub indikator berikut:
1)
Mengembangkan program pembelajaran dan perumusan RPP.
2)
Menerapkan
pendekatan saintifik yang meliputi metode inquiri, proyek, dan pemecahan
masalah.
3)
Mengintegrasikan
RPP, buku guru, dan buku siswa dalam menunjang efektivitas pembelajaran.
4)
Mengembangkan kompetensi sikap, keterampilan, dan
pengetahuan dalam pembelajaran secara seimbang.
5)
Menerapkan penilaian yang focus pada penilaian autentik dan
penerapan Patokan Acuan Kreteria
2.
Strategi
Strategi Kepengawasan yang diterapkan pada kegiatan
kepengawasan pada semester ini adalah sebagai berikut :
a.
Pertemuan pra-supervisi
b.
Pelaksanaan supervisi
1)
Monitoring input, proses, dan output
2)
Wawancara
3)
Studi dokumen
4)
Angket
5)
Penilaian
6)
Penyusunan Rekomendasi
c.
Pertemuan setelah supervisi
1)
Pendampingan
2)
Evaluasi–Refleksi terhadap seluruh kegiatan supervisi
3)
Kegiatan tindaklanjut:
a.
Pemantauan keterlaksanaan rekomendasi
b.
Perbaikan lanjutan
c.
Pembimbingan dan pelatihan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan
d.
Perbaikan Program
e.
Pembinaan
4)
Evaluasi dan pelaporan hasil supervisi akademik dilakukan
setiap akhir bulan
E. ALUR KEGIATAN PENGAWASAN
Pada dasarnya alur kerja pengawas dapat digambarkan sebagai suatu rangkaian
kegiatan yang bererkaitan satu sama yang lainnya. Dari menentukan sasaran dan tempat, kemudian menentukan
sekolah dan guru binaan. Membuat program, menyusun jadwal untuk melaksanakan
program sampai menilai semua program
yang sudah dilaksanakan. Sebagai rangkaian akhir adalah melakukan evaluasi dan
menganalisa akhir dari program program
yang sudah dilaksanakan itu. Bila dalam bentuk bagan, maka akan terlihat
seperti bagan di bawah ini.
ALUR KEGIATAN PENGAWASAN
Pengawasan Laporan e l
1 akademik& pengawasan v a
managerial akademik dan a p
Managerial l
Menentukan Laporan u e
Sasaran dan Pembinaan Pembinaan
guru a v
Target 2 gurudan/atau
dan / atau s a
Kepala
sekolah kepala sekolah I l
u
h a
Pemantauan
Laporan a s
Sekolah binaan 3 SNP pemantauan s i
Guru dan kepsek SNP i
l h
Penilaian Kinerja guru Laporan PK Guru dan
a
4 dan/atau kepala sekolah dan/atau PKKS p s
(
PKKS ) e i
g l
Laporan pelaksanaan a
Pembimbingan dan
Pembimbingan dan w
5 pelatihan Profesional
pelatihan a
Guru dan/atau kepala s
Sekolah a
n
Evaluasi pelaksanaan
Pembimbingan
dan Pelatihan
F. RUANG LINGKUP PENGAWASAN
Ruang lingkup
pengawasan terdiri atas pengawasan Akademik dan pengawasan Managerial. Untuk
lebih memahami ruang lingkup pengawasan, dapat dilihat pada model dibawah ini .
Lingkup
Pengawasan
|
Sasaran
|
Uraian Materi
|
Uraian Kegiatan
|
Akademik
|
1.Pembinaan Guru
|
Pembinaan kompetensi guru yakni kompetensi
pedagogic,professional,kepribadian,dan social melalui pelaksanaan tugas pokok
guru dlm merencanakan ,melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran
|
1.Menyusun Program pembinaan Guru
2.Melaksanakan program Pembinaan Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi Hasil Pelaksanaan Pengawas an
4.Menyusun Laporan Pembinaan Guru
|
2.Pemantauan SNP
|
Pemantauan Pelaksanaan :
1.Standar Isi
2.Standar Proses
3.Standar Kompetensi Kelulusan
4.Standar Penilaian
|
1.Menyusun Program Peman tauan Guru
2.Melaksanakan Pemantauan Pelaksanaan SNP
3.Menganalisa dan Mengevalua si Hasil Pelaksanaan Peman tauan SNP
4.Menyusun Laporan Pemanta uan
SNP
|
|
3.Penilaian Kinerja Guru
|
Melakukan penilain terha dap
kinerja guru selama satu tahun
|
1.Menyusun Program Penilaian Kinerja Guru
2.Melaksanakan Penilaian Kiner ja Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi hasil Pelaksanaan PK Guru
4.Menyusun Laporan PK Guru
|
|
4.Pembimbi ngan dan Pelatihan guru di MGMP/MGMP
|
1. Membina guru dalam hal yang
belum dipahami guru terkait perangkat dan pelaksanaan pembelajran, aturan
aturan baru dan pengembangan embelajaran.
2. Melakukan pembinan kepada pengawas muda terkait tupoksi
kepengawasan
|
1.Menyusun program pembim bingan dan Pelatihan Pro fesional Guru di
MGMP/MGMP
2.Melaksanakan pembiimbingan dan pelatihan professional Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi Hasil Pembimbingan dan Pelatihan
Profesional Guru
4.Melaksanakan Pembimbingan Pengawas Muda dan/atau Pengawas Madya
dalam melaksanakan Tugas Pokok
5.Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan Guru dalam melaksanakan PTK
|
|
Managerial
|
1.Pembinaan Kepala sekolah
|
|
1. Menyusun Program Pem binaan Kepala Sekolah
2. Melaksanakan Pembinaan
Kepala sekolah
3. Mengevaluasi Hasil
Pem
binaan Kepala Sekolah
4. Menyusun
Laporan
Hasil
Pembinaan Kepala Sekolah
|
2. Pemantauan
SNP
|
Pemantauan
Pelaksa naan :
1. Standar Pendidik
dan
Tenaga kependidikan
2. Standar
Sarana
Prasarana
3. Standar Pengelolaan;
4. Standar Pembiayaan.
|
1. Menyusun Program Pe mantauan SNP
2. Melaksanakan
Pema
ntauan Pelaksanaan SNP
3.Menganalisis
dan Meng evaluasi Hasil
Pelaksa
naan Pemantauan
SNP
4. Menyusun
Laporan
Hasil
Pemantauan
|
|
3.Penilain kinerja Kepala Sekolah
|
Penilaian Kinerja kepala Sekolah berdasarkan Tugas Pokok Kepala Sekolah dan tugas tambahan Kepala Sekolah sesuai dengan
PermenPAN dan RB No 16 tahun
2009 tentang jabatan fungsional guru dan
atau permendikbud
tentang Juknis Jabatan Fungsional guru dan angka kreditnya. Aspek
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah Manajerial dan Akademik.
|
1. Menyusun Program Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah
2. Melaksanakan
Penilaian
Kinerja Kepala
Sekolah
3. Menganalisis
dan Mengevaluasi Hasil
Pelaksanaan
Penilaian
Kinerja Kepala
Sekolah
4. Menyusun
laporan Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
|
|
4.Pembimbing
an dan pelatihan Kepala Sekolah di
KKKS/MKKS
|
Pembimbingan dan pelatihan profesional kepala
sekolah yaitu
menyusun program kerja sekolah, pelaksanaan
program
kerja
sekolah, program pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan s e ko lah , si s t e m in fo r m a s
i manajemen, pembimbingan PTK/PTS, penyusunan
RKAS
dengan SNP, akreditasi sekolah
|
1. Menyusun Program
Pembimbingan
dan Pelatihan Profesional
Kepala
Sekolah di KKKS/MKKS
2. Melaksanakan
Pembimbingan
dan Pelatihan
Profesional Kepala Sekolah
3. Melaksanakan
Pembimbingan
dan Pelatihan
Kepala
Sekolah dalam
Menyusun
Program Kerja Kepala Sekolah,
Pelaksanaan Program Kerja
Sekolah,
Pengawasan
dan Evaluasi,
Kepemimpinan
Sekolah dan
Sistem Informasi
Manajemen
4. Mengevaluasi Hasil Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah
5. Melaksanakan
Pembimbingan
dan Pelatihan
Profesional Kepala Sekolah dalam
Pelaksanaan Penelitian
Tindakan
|
G. TUJUAN DAN MANFAAT PROGRAM PENGAWASAN
1. Tujuan
Adapun tujuan
dari program kepengawasan ini adalah : Memberikan pedoman dan arah dalam
melaksanakan tugas kepengawasan sekolah dalam rangka pembinaan, penilaian, dan
pemantauan satuan pendidikan.
2. Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penyusunan program tahunan pengawas ini
adalah ,pengawas sekolah dapat :
a) Meningkatkan
efektivitas pelaksanaan tugas kepengawasan untuk mewujudkan program kegiatan
akademik sekolah dan peningkatan mutu pendidikan.
b) Meningkatkan kinerja
kepala sekolah dalam meningkatkan sistem penjaminan mutu pengelolaan dan
proses.
c) Meningkatkan
kinerja sekolah secara periodik dan terencana untuk mencapai standar nasional
pendidikan.
d) Meningkatkan kinerja
tenaga kependidikan sekolah dalam meningkatkan mutu layanan dan penjaminan mutu
pendidikan.
e) Meningkatkan
pembinaan terhadap Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) untuk mengembangkan
kemampuan profesional melalui pelaksanaan layanan dalam kolaborasi kelompok
secara terprogram.
BAB II.
EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN
SEBELUMNYA
A. IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN
Dari semua kegiatan pengawasan yang
dilakukan kepada guru binaan terkait dengan program Pembinaan guru, Pemantauan
SNP, penilaian Kinerja Guru dan Pembimbingan dan Pelatihan yang diadakan maka
dapat dirangkum sebagaimana matrik
dibawah ini :
No
|
Program
|
Aspek/
Materi
Supervisi
|
Target
Penca
paian
|
Hasil
Yang
Dicapai
|
Kesenjangan
|
Arternatif
Pemecahan Masalah
|
Keterangan
|
1.
|
Pembinaan
Guru
|
Penyusunan Silabus dan RPP
|
100%
|
70%
|
Pemahaman guru tentang tata cara peyusunan silabus dan RPP masih
kurang. Begitu pula dalam hal menentukan alokasi waktu bagi penyam paian
SK/KD dalam satu semester sehingga kebanyakan silabus yang dibuat belum dapat
digunakan sepenuhnya.
Perbedaan pemahaman ini bermula dari penghitungan hari efektif yang berbeda
antara satu guru dengan guru yang lain.
|
Pembinaan berkelanjutan
dan terprogram
|
|
2.
|
Pemantauan
Pelaksanaan
SNP
|
1.Memantau penera pan standar isi dalam pelaksanaan pembelajaran
2.Memantau sarana dan prasarana
3.Memantau
pendidik dan tenaga kependidikan
|
100 %
|
75 %
|
Sebagian guru masih menggunakan acuan mengajar
berupa buku paket bukan berdasarkan SK/KD yang tercantum dalam standar isi.
Ada bebrapa guru yang memiliki dokumen standar isi ,
namun jarang menggunakannya sebagai
acuan pelaksanaan pembelajaran.
Dukumen tersebut hanya dijadikan sebagai kelengkapan administrasi
pembelajaran
Belum
tersedianya sarana dan prasarana ibadah di sebagian sekolah binaan dan sangat
minimnya ABP untuk mata pelajaran PAI
GPAI semakin berkurang karena adanya GPAI yang purna
bakti dan mutasi,namun belum ada penggantinya. GPAI yang honorer sebagian
belum professional karna pendidikan yang belum memadai
|
Soosialisasi tentang standar isi yang digunakan
sebagai acuan pelaksanaan pembelajaean
Menyarankan kepada kepala sekolah untuk mengusahakan
jalan keluar dengan benjalin kerjasama dengan pihak ketiga
Mengangkat GPAI honorer yang memnuhi persyaratan
|
|
3.
|
Penilaian
Kinerja Guru
|
Meningkatkan
mutu kompetensi pedagogik dan profesional,
|
100 %
|
75 %
|
Peningkatan
mutu kompetensi kompetensi untuk menunjang efektivitas penerapan kurikulum.
|
Meningkatkan kompe tensi profesional sesuai
dengan kebutuhan penerapan kurikulum
|
|
4.
|
Pembimbi ngan dan
Pelatihan Guru
|
Perencanaan pembelajaran sesuai dengan SKL
Penggunaan Multi metode
|
100 %
100 %
|
75 %
75 %
|
Belum seluruh pendidik
mengembangkan RPP sesuai dengan karakteristik kurikulum. Guru lebih cenderung
menggunakan RPP yang sudah dibuat pada tahun sebelumnya, tanpa mau merevisi
dan menelah ulang sesuai dengan kondisi mengajar saat itu.
Masih ada guru yang tidak memvariasikan cara
mengajar. Hanya menggunakan metode
yang menjadikan guru sebagai central teacher. Sebagai pusat informasi.
|
Supervisi membantu
memperbaiki proses dan hasil pembelajaran
|
|
B.
EVALUASI DAN ANALISA HASIL
KEPENGAWASAN
Dalam kegiatan evaluasi dan analisa kepengawasan secara garis besar digambarkan sebagai
berikut :
No
|
Aspek/
Materi
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Target
( % )
|
Metode
|
Hambatan
|
Keterca paian
( % )
|
1
|
Penyusunan Silabus dan
RPP
|
Pembinaan
|
Guru
|
100
|
FGD
|
Jarak antar sekolah jauh
|
75
|
2
|
Penerapan standar isi dalam pelaksanaan pembelajaran
|
Sosialisasi dan workshop
|
Guru
|
100
|
FGD
|
Masih ada guru yang kurang
menguasai IT
|
80
|
3.
|
Peningkatkan mutu kompe tensi pedagogik dan profesi
|
Pelatihan
|
Guru
|
100
|
FGD
|
Sebagian guru ada yang masih
honorer sehingga kurang fokus untuk mengikuti kegiatan
|
|
4
|
Perencanaan pembelajaran sesuai dengan SKL
|
Pembinaan
|
Guru
|
100
|
FGD
|
Masih ada guru yang kurang
menguasai IT
|
|
5.
|
Penggunaan Multi metode
|
Pembinaan
|
Guru
|
100
|
FGD
|
Masih ada guru yang kurang
menguasai IT
|
|
BAB III
PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS SEKOLAH
No
|
Program
|
Uraian Kegiatan
|
Target Yang
diharapkan
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Menyusun program kepengawasn
|
Program kepengawasan
|
Memiliki dokumen program tahunan pengawasan
|
Pengawas sekolah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2.
|
Pembinaan dalam menyusun
perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013
|
Pembinaan Guru
|
100% guru binaan mampu menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013 dengan benar
|
Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
|
3.
|
Penyusunan perangkat
penilaian
|
|
100% guru binaan mampu menyusun perangkat penilaian berdasarkan kurikulum
2013 dengan benar
|
Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
|
4.
|
Pemahaman instrument PKG
|
Penilaian Kinerja Guru
|
100% guru binaan sudah di nilai kinerjanya oleh pengawas
|
Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
|
|
Menganalisa hasil PKG
|
|
|
|
6.
|
Pengembangan Metode
Pembelajaran
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru
|
100% guru binaan mampu menyusun perangkat penilaian dengan
menggunakan muti metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran
|
|
5.
|
Pengembangan pembelajaran
berbasis saintifik
|
|
100% guru binaan mampu mengembangkan
pembelajaran berbasis saintifik
|
Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
|
6.
|
Penyusunan KTI
|
|
50 % guru binaan yang sudah profesional mampu menyusun KTI dengan benar
|
Guru yang sudah tersertifikasi
|
|
Pemantauan PPDB
|
Pemantauan 8 SNP
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan PPDB sesuai
dengan juknis yang berlaku dan diperolehnya data jumlah siswa menurut agama.
|
Semua sekolah
binaan
|
7.
|
Pemantauan Pendik
|
|
100 GPAI sudah memenuhi persyaratan sebagai GPAI
yang sesuai dengan peraturan yang berlaku
|
Semua sekolah binaan
|
8.
|
Pemantauan sarana dan
prasarana
|
|
100 % sekolah binaan telah memiliki sarana dan
prasarana yang dapat digunakan oleh warga sekolah untuk melaksanakan ibadah
sesuai dengan agamanya masing masing.
|
Semua sekolah binaan
|
9.
|
Pemantauan pelaksanaan
standar isi
|
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran
sesuai dengan SNP.
|
Semua sekolah binaan
|
10.
|
Pemantauan SKL
|
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran
sesuai dengan SNP.
|
Semua sekolah binaan
|
11.
|
Pemantaun Standar Proses
|
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran
sesuai dengan SNP.
|
Semua sekolah binaan
|
12.
|
Pemantauan Standar
Penilaian
|
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran
sesuai dengan SNP.
|
Semua sekolah binaan
|
13.
|
Pemantauan pelaksanaan
kegiatan ekstrakulikuler
|
|
100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran
sesuai dengan SNP.
|
Semua sekolah binaan
|
BAB IV
PROGRAM
SEMESTER
A.
PROFIL SEKOLAH BINAAN
Program semester pengawasan yang
dilakukan pada tahun pelajaran ini meliputi 68 sekolah, dengan 108 guru binaan
. dan dalam laporan ini ditampilkan beberapa profil sekolah binaan sebagai
sample,antara lain sebagai berikut :
1.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 3 GERUNG
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
ABDUL HARIS, M.Pd
|
|
NIP
|
:
|
19641210199003014
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl. Raya Kebon Ayu lobar
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada
tuhan yang Maha Esaberprestasi dan peduli lingkungan
|
|
Misi
|
:
|
1. Menciptakan belajar yang relegius,bersih,indah,aman dan nyaman
2. Membentuk peserta didik yang jujur,taat,disiplin dan sopan
3. Membentuk peserta didik yang
kreatif,mandiri,kuat rasa ingin taunya serta gemar membaca
4. Membentuk peserta didik yang demokratis,cinta tanah air,peduli
lingkungan, dan bertanggung awab
5. Memberikan pelayanan peserta didik
secarapropsional untuk mewujudkanpeserta akademik dan non akademik
6.
Meningkatkan pran
aktif orang tuasiswa dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pendidikan.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
2.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 4 Gerung
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Rohanah,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.jendral Sudirman No 1.gerung
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
I /2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Beriman bera khlak mulia, unggul
dalam prestasi dan berwawasan lingkungan
|
|
Misi
|
:
|
1.Melaksanakan pembelajaran sesuai
ajaran agama yang dianut
2. mewujudkan peserta didik rta
didik yang cerdas
3. . mewujudkan peserta didik yang
memiliki wawasan global
4. . mewujudkan peserta didik yang
berkaraker
5. Mewujudkan peserta didik yang
kompetetif
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
3.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 3 Labuapi
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Sumasno,SE,MM
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.Raya Merembu Kec.Labuapi Lobar
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
BERIMAN,
BERPRESTASI , TERAMPIL DAN BERBUDAYA
|
|
Misi
|
:
|
1. PENGINTEGRASIAN
IMTAQ MELALUI PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH
2. MENCIPTAKAN
LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DAN INTERAKTIF
3. MEBERIKAN
KETERAMPILAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN IPTEK DAN KERAJINAN TANGAN
4. MENUMBUHKAN
BUDAYA BELAJAR DAN BUDAYA BERSIH
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran
sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
4.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 2 Kuripan
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Darsiah, S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jln.Pramuka No.2 Kuripan Lobar
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
I / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Terwujudnya
insan berprestasi, terampil, sehat beriman dan bertaqwa
|
|
Misi
|
:
|
1. Melaksanakan proses
pembelajaran yang efektif dan kreatif.
2. Memberikan ketrampilan agar
memiliki kecakapan hidup ( live skill ).
3. Melaksanakan pendidikan jasmani
dan kesehatan sehingga tercipta insan
yang sehat jasmani dan rohani.
4. Menananmkan nilai kebersamaan
agar membangkitkan rasa keperdulian terhadap lingkungan semakin meningkat.
5. Menerapkan kehidupan beriman
dan bertaqwa secara berkelanjutan.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran
sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
5.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 2 lABUAPI
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.MUSTAJAB,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.KH.Akhmad Dahlan
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Mewujudkan
peserta didik yang agamis,berkepribadian ,beriman ,peduli dan berbudayalingkungan serta ramah lingkungan
|
|
Misi
|
:
|
1. Menciptakan lingkungan
sekolahyang agamis,kreatif,inofatif,bersih,beriman,peduli dan berbudaya
lingkungan serta ramah lingkungan
2. Memotifasi siswa untuk menjadi potensi
dirinya secara optimal
3. Menumbuh kemnangkan
sikaptauladan warga sekolahdalam upaya mewujudkan nilai-nilai budaya
yang etis,estetika serta peduli dan berbudaya lingkungan
4. Meningkatkan peran aktif orang
tua dan masyarakat untuk mendukung
kegiatan pendidikan
5. .
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
6.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 1 Gerung
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.Junaidi,S.Pd,M.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.Gatot Subroto Gerung
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Bertaqwa
berprestasi,berketerampilan dan berbudaya yang dilandasi dengan nilai
patut,patuh,pacu
|
|
Idikator visi
|
:
|
1.Terwujudnya suasana sekolah yang
kondusif dan harmonis dalam nuansa yang relegius
2. terwujudnya prestasi dalam
bidang akademis dan non akademis
3. Terwujudnya penguasaan imtek
pada warga sekolah
4. Terwujudnya penguasaan bahasa
asing
5. terwujudnya warga sekolah yang
memiliki etos kerja
|
|
Misi
|
|
1.Memperdalam
pemahaman terhadap agama yang dianut melalui penginterakasian imtaq
kedalam tiap mata pelajaran dan
pelaksanaan imtaq yang terprogram
2. Menciptakan suasana sekolah yang kondusif untuk pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan efesien
3. Meningkatkan prestasi akademik dan nono akademik
melalui proses pembelajaran yang
disiplin dan mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler
4. Meningkatkan kemampuan iptek a penguasaan bahasa
asing
5. Melaksanakan bbudaya 5 S (sapa ,senyum dst..)
6. Menerapkan menejemen keterbukaan dan kebersamaan
seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
7.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 5 Gerung
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Jln Selaparang ,reyan Gerung
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Beriman, bertaqwa berprestasi
berbudaya
|
|
Misi
|
:
|
1. Menanamkan keimanan/ akidah
melalui imtaq.
2. Mengupayakan penuntasan
belajar.
3. Melaksanakan pilar MBS
transparan, akuntabelitas dan KBM dengan pola pakem.
4. Mewujudkan kerjasama yang
harmonis.
5. Megembangkan budaya local.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
8.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 1 sekotong
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.Masban, S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl. Raya Buwun Mas no 17 Sekotong
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
I / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Berakhlak
mulia,cerdas,trampil dan berbudaya.
|
|
Misi
|
:
|
1. Membiasakan siswa siswi
berprilaku disiplin
2. Mendidik siswa siswi agar
cerdas untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
3. Menumbuhkembangkan semangat
agar terampil untuk hidup mandiri.
4. Mengoptimalkan proses
pembelajran dan bimbingan secara intensif dan efektif untuk mencapai
prestasi.
5. Menumbuhkan penghayatan dan
pengalamanan ajaran agama supaya berakhlak mulia , beriman dan bertaqwa.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
9.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 2 Lembar
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.L suhandi,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl raya Sekotong Timur
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Sekolah
yang memiliki lingkungan yang bersih, aman, nyaman, disiplin dan berprestasi
yang dilandasi iman dan taqwa
|
|
Misi
|
:
|
1. Membudayakan hidup sehat, rapid
an disiplin.
2. Meningkatkan mutu pendidikan
akademik dan non akademik.
3. Meningkatkan peran agama dan
budi pekerti akhlak mulia melalui kegiatan imtaq.
4. Meningkatkan peran serta
masyarakat terhadap pelaksanaan program sekolah.
5. Mengutamakan proses belajara mengajar dan
bimbingan serta pendidikan budaya dan pendidikan berkarakter.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
10.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 3 kuripan
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Drs.Hamdi
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jln giri Sasak Kuripan Lobar
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Beriman
, maju dan bermutu
|
|
Misi
|
:
|
1.
Melaksanakan pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan agama
dan kegiatan imtaq
2.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbngan yang efektif untuk
meningkatkan hasil belajar.
3.
Menumbuhkan semangat maju kepada warga sekolah.
4.
Meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
11.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 1 Labuapi
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.nurdin,s.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jln gunung Pengsong Labuapi
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1 / 2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Unggul iman dalam
mutu,berkeperibadian ,berbudaya
berdasarkan iman dan takwa
|
|
Misi
|
:
|
1.Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif sehingga
dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
2.Menwumbuhkan semangat unggul secara intensif
3.Mendorong dan membantu sisswa untuk mengenal potensi diri
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
|
|
|
|
|
12.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 1 lembar
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.saidi,s.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jln yos Sudarso Lembar
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
|
|
Visi
|
:
|
|
|
Misi
|
:
|
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
13.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 4 lembar
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Halil,M.Pd.
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Mareje
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1/20016/2017
|
|
Visi
|
:
|
Berimtaq,berprestasi,mandiri dan
berwawasan lingkungan
|
|
Misi
|
:
|
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
14.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMKN 2 Sekotong
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Pelangan
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1/20016/2017
|
|
Visi
|
:
|
Unggul dalam menghasilkan
lulusan,terampil,mandiri serta berakhlak mulia yang kompetetip baik untuk
dalam maupun luar negeri
|
|
Misi
|
:
|
1.
Membina karakter siswa menjadi yang berakhlak mulia
2.
Mendidik dan melatih siswa hingga terampil sesuai dengan
kompetensi/keahliannya
3.
Menanamkan jiwa wira usahayang handal dan mandiri
4.
Meningkatkan prestasi warga sekolah baik akademis maupun non akademis
5.
Mengembangkan pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten
6.
Menyediakan sarana dan prasarana yang refresentasif dalam lingkaran
belajar yang kondusif
7.
Meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industry serta
industry lainnya..
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
15.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMAN Kuripan
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.M.Taufik,M.Si
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Kuripan Lombok Barat
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1/2016/2017
|
|
Visi
|
:
|
Unggul dalam mutu,beriman dan berbudaya
yang berwawasan lingkungan
|
|
Misi
|
:
|
1.Melaksanakana pembelajaran dan
bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara oftimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
2. Menumbuhkan semangat keungglan
dan persaingan yang sehat dalam memperoleh prestasi akademik dan non akademik
bagi seluruh warga sekolah
3. mendorong dan membantu setiap
siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara
optimal
4.Menumbuhkan kwwalitas dalam
beribadahsesuai agama masing-masing sehingga memiliki toleransi yang
tinggidan menjadi sumber kearifan
dalam berfikir,berkata dan bertindak.
5.Membudayakan nilai-nilai budi
pekerti,tata karma dalam pergaulan sehingga menjadi pribadi yang santun dan
disiplin serta berakhlak mlia
6.mengembangkan sekolah menuju
sekolah sehat dan berwawasan lingkungan.
3.
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
16.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMKN 2 KURIPAN
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.SUDIRMAN,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
KURIPAN UTARA
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1/2016/2017
|
|
Visi
|
:
|
Menjadi
SMK yang menghasilkan tamatan yang bertaqwa memiliki keperibadian,menguasai
IPTEK dan berjiwa agar memiliki daya saing dalam era globalisasi
|
|
Misi
|
:
|
1.Menciptakan
budaya dan iklim sekolah yang kondusif melalui agama,norma hokum,norma masyarakat dan
professional
2.
Meningkatkan mutu proses pembelajaran untuk menuju standar internasional dengan dukungan IPTEK
dan berbasis ICT
3.Mengembangkan
bakat,minat dan kreatifitasyang berbasis pada pembinaan sikap mental dan
aspek social pada pesrta didik
4.meningkatkan
kerjasama dengan indusstri berstandar internasional dan nasional dalam
peningkatan mutu pe mbelajaran serta pemasaran tamatane
5.Mengembangkan
bisnis center dan sikap mentalwirausaha menuju kemandirian sekolah
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
17.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMAN 1 Labuapi
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
Drs.maryadi,MM
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jalan Gunung Pengsong Telagawaru
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
I/2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Mewujudkan
warga sekolah yang unggul,berwawasan IMTAQ,IPTEK Mandiri dan bermartabat
|
|
Misi
|
:
|
1. Meningkatkan iman taqwa
terhadap tuhan yang maha Esa
2. Melaksakan wawasan
wiyatamandala yang relegius
3. Memberikan pelayanan yang berkwalitas dan berbasis kompetensi
4. Mengembangkan kreatifitas usaha
5. Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif,efesien dan bermakna agar setiap siswa dapat
mengembangkan potensinya secara optimal
6. Mengembangkan sistim
menejemen parsitioatif yang melibatkan
seluruh stoukhoulder
7. Mengembangkan kerjasama
social dengan masyarakat sekitar
8. Membudayakan sekolah
bersih,sehat dan indah sehingga mampu meningkatkan kwalitas belajar peserta
didik
9. Membentuk peserta didik yang
memiliki serta mampu menghargai harkat dan martabat orang lain
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
18.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMAN 1 SEKOTONG
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
IDRIS,S.Pd.
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jln Raya Sekotong Tengah
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
1,2016/2017
|
|
Visi
|
:
|
Berprestasi,berkeperbadian,
dan berdaya saing
|
|
Misi
|
:
|
1. Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan yang berkwaitas
2. Menumbuh kembangkan
keperibadian bangsa Indonesia
3. Membentuk insane yang
kompetetif
(regional,nasional,global).
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
19.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMAN 2 Labuapi
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.M.junaidi,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.TGH.Ibrahim Merembu labuapi
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
I /2016-2017
|
|
Visi
|
:
|
Cerdas
,beriman,dan terampil
|
|
Misi
|
:
|
1. Meningkatkan pembelajaran di
kelas
2. Menumbuhkan semangat belajara
dan minat membaca kepada siswa.
3. Menumbuhkan penghayatan dan
pengalaman ijaran agama berdasarkan iman dan taqwa.
4. Menciptakan suasana dan
pengalamana belajar yang berwawasan lingkungan.
5. Meningkatkan kompetensi guru dan karyawan
|
|
Identifikasi Masalah
|
:
|
GPAI belum memahami penyusunan perangkat
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
|
|
|
|
|
20.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMPN 2 Gerung
|
|
Kepala Sekolah
|
:
|
H.Rofiqah,S.Pd
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
Jl.unung Sasak Dasan Gres
|
|
Semester / Tahun Pelajaran
|
:
|
|
|
Visi
|
:
|
Memperhatikan
potensi yang paling actual sesuai dengan kemajuan iptek, norma dan harapan
masyarakat
|
|
Misi
|
:
|
Melaksanakan
proses pembelajaran dan bimbingan
secara aktif, efektif efesien dan
berkualitas.
|
B.
DISKRIPSI PROGRAM SEMESTER
No
|
Aspek/Materi
Pengawasan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
Keberhasilan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Waktu
|
Tempat
|
|||
|
Menyusun program pelaksanaan kepengawasan tahunan
|
Tersusunnya
program kepengawasan selama satu tahun
|
Peogram
pengawasan
|
Terarahnya
kegiatan kepengawasan selama 1 tahun
|
Adanya dokumen program tahunan pengawasan
|
Tugas Mandiri
|
Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2
|
Kantor Kemenag kab Lombok Barat
|
|||
A.
|
Pembinaan Guru dan /atau Kepala Sekolah
|
||||||||||
|
Pembinaan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran
sesuai dengan Kurikulum 2013
|
Meningkatkan kemampuan
guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013
|
Guru PAI
|
Tersusunnya perencanaan pembelajaran
PAI sesuai
dengan kurikulum 2013
|
Adanya dokumen perencanaan pembelajaran sesuai dengan
kurikulum 2013
|
MGMP,FGD dan tugas mandiri
|
Oktober
Minggu ke 3 s. d bulan Nopember minggu ke 5
|
GPAI kecamatan Gunungsari
|
|||
|
Pembinaan dalam pelaksanaan
pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013
|
Meningkatkan kemampuan
guru dalam melaksanakan pembelajaran yang
lebih berkualitas yang sesuai dengan kurikulum 2013
|
Guru PAI
|
Terlaksananya proses pembelajaran PAI sesuai dengan
kurikulum 2013
|
Tersusunnya Pelaksanaan
pembelajaran sesuai
dengan kurikulum 2013
|
MGMP,penilaian diri , tugas mandiri, dan observasi
|
|
GPAI kecamatan Gunungsari
|
|||
|
Pembinaan dalam penyusunan perangkat penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013
|
Meningkatkan kemampuan
guru dalam menyusun perangkat
penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013
|
Guru PAI
|
Tersusunnya perangkat penilaian
PAI sesuai
dengan kurikulum 2013
|
Adanya dokumen penilaian siswa yang sesuai dengan kurikulum 2013
|
MGMP,FGD dan tugas mandiri
|
|
GPAI kecamatan Gunungsari
|
|||
B.
|
Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan
|
||||||||||
|
Pemantauan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru
|
Terlaksananya
penerimaan siswa baru sesuai dengan juknis yang berlaku
|
Peserta
didik baru dan jumlah peserta didik Tahun pelajaran 2016-2017
|
Diperoleh data tentang peserta didik baru dan jumlah siswa
menurut agama
|
Adanya data yang valid tentang jumlah siswa menurut agama
pada sekolah binaan
|
Observasi
Dan pendataan
|
Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV
|
Semua sekolah binaan
|
|||
|
Pemantauan standar
pendidik dan tenaga kependidikan
|
Terdatanya GPAI dimasing masing sekolah binaanPelaksanaan
penerimaan siswa baru sesuai dengan juknis yang berlaku
|
GPAI
di seluruh sekolah binaan Tahun Pelajaran 2016-2017
|
Diperoleh data tentang
GPAI di seluruh sekolah binaan
|
Adanya data yang valid tentang jumlah GPAI pada sekolah binaan
|
Observasi dan pendataan
|
Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV
|
Semua sekolah binaan
|
|||
|
Pemantauan Standar sarana dan prasarana
|
Terdatanya jumlah
sarana dan prasarana 9 tempat ibadah )
pada sekolah binaan
|
Sarana ibadah dan ABP PAI
|
Diperolehnya data tentang jumlah sarana ibadah ABP PAI
pada masing masing sekolah binaan
|
Adanya data yang valid tentang jumlah sarana ibadah dan
ABP PAI pada kecamatan binaan
|
Observasi dan pendataan
|
Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV
|
Semua sekolah binaan
|
|||
|
Pemantauan pelaksanaan standar isi
|
Semua GPAI memiliki dokumen standar isi
|
GPAI
|
Terpenuhinya program Standar isi
|
Adanya dokumen tentang Standar Isi
|
Observasi dan pendataan
|
September minggu ke 1 s.d Oktober minggu ke 2
|
Sekolah binaan
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Pemantauan standar Kelulusan
|
Semua GPAI memiliki dokumen
standar isi
|
GPAI
|
Terpenuhinya program Standar isi
|
Adanya dokumen tentang Standar Isi
|
Observasi dan pendataan
|
|
|
|||
|
Pemantauan Standar Proses
|
Terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan Standar
Proses yang berlaku
|
GPAI
|
Terpenuhinya program Standar isi
|
Adanya dokumen tentang StandarProses
|
Observasi dan pendataan
|
|
Semua GPAI yang ada di
sekolah binaan
|
|||
|
Pemantauan Standar Penilaian
|
Semua GPAI memiliki dokumen standar penilaian
|
GPAI
|
Terpenuhinya program Standar isi
|
Adanya dokumen tentang Standar Isi
|
Observasi dan pendataan
|
Desember minggu ke 1
|
|
|||
|
Pemantauan
pelaksanaan kegiatan Ekstrakulikuler
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
C.
|
Penilaian Kinerja Guru
|
||||||||||
|
Pemahaman instrument PKG
|
Adanya pemahaman GPAI tentang PKG
|
Intrumen PKG
|
Semua GPAI tersertifikasi paham tentang intrumen PKG
|
Hasi PKG baik
|
Observasi dan penilaian
|
Desember minggu 2
|
Sekolah binaan
|
|||
|
Penilaian Kinerja Guru
|
|
Guru PAI yang sudah tersertifikasi
|
Semua guru PAI yang
sudah tersertifikasi
|
|
|
Desember minggu ke 3-4
|
|
|||
D
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru dan/atau Kepala Sekolah
dan /atau Pengawas Muda
|
||||||||||
|
Pengembangan Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Pengembangan pembelajaran berbasis saintifik
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
No
|
Aspek/Materi
Pengawasan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
Keberhasilan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Waktu
|
Tempat
|
|||
|
Menyusun program pelaksanaan kepengawasan tahunan
|
Tersusunnya
program kepengawasan selama satu tahun
|
Peogram
pengawasan
|
Terarahnya
kegiatan kepengawasan selama 1 tahun
|
Adanya dokumen program tahunan pengawasan
|
Tugas Mandiri
|
Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2
|
Kantor Kemenag kab Lombok Barat
|
|||
|
Pembimbingan dalam menyusun program kepengawasan bagi
Pengawas Muda
|
Tersusunnya
program kepengawasan bagi pengawas Muda
|
Pengawas
Muda
|
Adanya
pemahaman tentang program kepengawasan bagi pengawas muda
|
Adanya dokumen program yang disusun Pengawas Muda
|
Tugas Mandiri
|
Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2
|
Kantor Kemenag kab Lombok Barat
|
|||
|
Pembimbingan dalam menyusun
laporan kepengawasan bagi pengawas muda
|
Tersusunnya
laporan kepengawasan bagi pengawas Muda
|
Pengawas
Muda
|
Adanya
pemahaman tentang penyusunan laporan
kepengawasan bagi pengawas muda
|
Adanya dokumen laporan kepengawasa yang disusun Pengawas
Muda
|
Tugas Mandiri
|
Desember minggu ke 4 -5
|
Kantor Kemenag kab Lombok Barat
|
|||
|
Membedah Buku Kerja
pengawas
|
Tersusunnya
program kepengawasan bagi pengawas Muda
|
Pengawas
Muda
|
Adanya
pemahaman tentang program kepengawasan bagi pengawas muda
|
Adanya dokumen program yang disusun Pengawas Muda
|
Tugas Mandiri
|
Januari 2017 minggu ke 1-2
|
Kantor Kemenag kab Lombok Barat
|
|||
|
Penyususnan KTI
|
|
|
|
|
|
Januari 2017 minggu ke 1-2
|
|
|||
|
Menyusun Laporan
pemantauan
|
|
|
|
|
|
Desember minggu ke 4 -5
Juli minggu ke 3 -4
|
|
|||
|
Menyusun Laporan
Pembinaan
|
|
|
|
|
|
Desember minggu ke 4 -5
Juli minggu ke 3 -4
|
|
|||
|
Menyusun Laporan PKG
|
|
|
|
|
|
Desember minggu ke 4 -5
Juli minggu ke 3 -4
|
|
|||
Giri
Menang,
Mengetahui
Ketua Pokjawas-PAI Pengawas
PAI
H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I H.Sukman,S.Ag,
M.Pd.I
NIP. 196812311997031008 NIP. 196812311997031008
BAB V
RANCANGAN KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )
NO
|
JENIS
KEGIATAN/
ASPEK/MASALAH
|
TUJUAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
STRATEGI/METODE
KERJA
(TEKHNIK
SUPERVISI)
|
SKENARIO
KEGIATAN
|
SUMBER
DAYA YANG DIPERLUKAN
|
PENILAIAN
DAN INSTRUMEN
|
RENCANA
DAN TINDAK LANJUT
|
1.
|
Memeriksa kelengkapan prangkat pembelajaran guru
|
Setiap guru memiliki prangkat pemelajaran yang
lengkap
|
Prangkat pembelajaran guru PAI lengkap
|
Memeriksa kelengkapan prangkat pembelajaran guru
|
terlampir
|
Bahan dan prangkat pembelajaran guru
|
terlampir
|
Melengkapi prangkat pembelajaran yang belum lengkap
|
2.
|
Membimbing GPAI dalam menganalisa hari efektif dan
menyusun program tahunan
|
Tersusunnya program tahunan pelajaran PAI sesuai
dengan kalender pendidikan tahun berjalan
|
Guru PAI dapat menganalisa hari efektif dan menyusun program tahunan
|
Membimbing GPAI lewat kegiatan MGMP
|
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
|
Bahan dan
format2 penyusuna hari efektif
|
Terlampir
|
Program tahunan yang sesuai dengan alokasi waktu
yang tersedia dalam tahun berjalan
|
3.
|
Membimbing GPAI dalam menyusun program semester dan Silabus
|
Tersusunnya silabus dan program semeter mata
pelajaran PAI sesuai denganSK/KD dan alokasi waktu yang ada pada tahun
berjalan
|
Dimilikinya Silabus dan program semeter lewat
kegiatan MGMP PAI dan KKM secara langsung
|
Membimbing GPAI lewat MGMP
|
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
|
Dana MGMP
Pedoman penyu
Sunan KTSP
|
Silabus dan program semester yang telah disusun/dibuat
dijadikan pedoman dalam KBM
|
|
4.
|
Membimbing GPAI menyusun RPP
|
Tersusunnya RPP yang sesuai dengan SK/KD dan alokasi waktu
yang sesuai dengan tahun berjalan
|
Dimilikinya RPP yang sesuai dengan SK.KD dan alokasi
waktu yang ada
|
Membimbing GPAI lewat MGMP
|
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
|
Dana MGMP
Pedoman penyu
unan KTSP
|
Terlampir
|
RPP yang tersususn dapat dijadikan pedoman dalam
melaksanakan pembelajaran
|
5.
|
Pelaksanaan Program Pembelajaran
|
Guru mampu mengelola kelas dan
Proses KBM dengan baik
|
Guru menguasai materi,teknik pembe-
lajaran,metode,evaluasi dan penggunaan prasarana
dengan baik
Menilai dan membina
GPAI dalam KBM
|
Mengelola kelas,materi pelajaran,
Metode,teknik pembelajaran,media pembelajaran
|
Pembinaan GPAI, kreatifitas dan inovasi pembelajaran
|
Dana MGMP PAI dan Pokjawas
|
Terlampir
|
Monitoring dan evaluasi PBM
|
6.
|
Pelaksanaan prosedur penilaian yang tepat
|
Tersusunnya pedoman
penilaian mata pelajaran PAI yang benar
|
Dimilikinya
pedoman penilaian lewat
kegiatan MGMP PAI dan KKM secara langsung
|
Membimbing GPAI lewat MGMP
|
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
|
Dana MGMP
Pedoman penyusuna penialaian
|
Terlampir
|
Pedoman penilaian yang telah
disusun/dibuat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan
penilaoian
|
7.
|
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan
|
Tersusunnya program kulikuler yang berkaitan dengan
kegiatan keagamaan
|
Dimilikinya
program kulikuler yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan
|
Bersama guru GPAI menyusun kegiatan ekskul yang
terkait bidang keagamaan
|
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
|
Dana MGMP
|
Terlampir
|
Melaksanakan kegiatan ekskul keagamaan dan mengadakan lomba yang terkait
|
Giri
Menang,
Mengetahui
Ketua Pokjawas-PAI Pengawas
PAI
H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I H.Sukman,S.Ag,
M.Pd.I
NIP. 196812311997031008 NIP. 196812311997031008
LAMPIRAN
1.
Surat Tugas Pengawasan
2.
Data guru dan sekolah binaan
3.
Program Tahunan
4.
Program Semester
5.
Program Pelaksanaan 8 Standar
Pendidikan
6.
RKA
7.
Contoh-contoh instrument
pengawasan yang telah diisi/diolah.
8.
Dan data lain yang relevan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar