Rabu, 29 Maret 2017

LAPORAN PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sistem Pendidikan Nasional yang tercantum  dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, dinyatakan bahwa  pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Untuk itu dalam rangka meningkatkan mutu pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum maupun peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan di madrasah maka segala aspek dalam pelaksanaan perlu terus dipantau, dinilai dan dibina.

Ditegaskan pula dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahuun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam pasal 19 tentang standar proses dan pasal 55 mengenai standar pengelolaan menyebutkan bahwa setiap satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan proses pembelajaran ,pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran serta pengawasan proses pembelajaran yang efektif dan efesien diperlukan kegiatan pemantauan,supervises,evaluasi dan pelaporan serta pengambilan langkah tindak lanjut hasil pengawasan.

Adapun  peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai melalui peningkatan kualitas Pembelajaran yang  memiliki makna strategis dan berdampak positif berupa (1) peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran yang dihadapi secara nyata, (2) peningkatan kualitas masukan, proses dan hasil belajar, (3) peningkatan profesionalitas pendidik, dan (4) penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian. dan Peningkatan kualitas Pengelolaan .Serta peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan yang akan menciptakan pendidikan yang transparan, akuntabel, berdaya saing tinggi dan menghasilkan pencitraan yang positif.

Pengawas madrasah atau sekolah dalam Sistem Pendidikan Nasional ditempatkan sebagai fungsi yang melakukan evaluasi atas pelaksanaan pembelajaran yang ada di madrasah/sekolah. Salah satu kewenangan  pengawas dalam hal ini  pengawas PAI adalah “memberi masukan, saran dan bimbingan dalam penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran yang dilakukan di kelas.

Untuk itu Pengawas Pendidikan Agama Islam yang mempunyai tugas pokok membina dan menilai pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum dan melakukan pembinaan dan penilaian atas penyelenggaraan pendidikan pada madrasah secara menyeluruh baik teknis pendidikan maupun administrasi perlu melakukan analisis terhadap hasil pemantauannya sehingga kinerja guru maupun madrasah yang dibinanya dapat terus diikuti perkembangannya, sekaligus menentukan strategi dan program pembinaan berikutnya. Dalam melakukan pemantauan, pembinaan maupun penjaringan data, seorang Pengawas Pendidikan Agama Islam menggunakan alat bantu yang disebut dengan “Instrumen Supervisi” dan dipergunakan untuk merekam segala komponan (aspek) yang berhubungan dengan pengelolaan madrasah termasuk di dalamnya aspek manajerial maupun aspek akademik.

Kemampuan sekolah dalam memberikan layanan pembelajaran secara efektif dan efisien sangat bergantung pada kualitas guru-gurunya yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan keefektifan mereka dalam melaksanakan tanggung jawab individual serta kelompok. Guru harus mampu berperan sebagai desainer (perancang), implementator (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran.Guru merupakan faktor paling dominan, karena di tangan merekalah keberhasilan pembelajaran dapat dicapai. Kualitas mengajar guru baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengarui kualitas pembelajaran  khususnya dan kualitas satuan pendidikan pada umumnya.

Peran strategis guru tersebut menuntut pembinaan dan pengembangan yang terus-menerus melalui supervisi atau pengawasan baik akademik maupun manajerial. Supervisi pengajaran perlu diarahkan pada upaya-upaya yang sifatnya memberikan kesempatan kepada para guru untuk berkembang secara profesional, sehingga mereka lebih mampu melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki dan meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar. Supervisi pengajaran merupakan kegiatan-kegiatan yang menciptkan kondisi yang layak bagi pertumbuhan profesional guru secara intensif. Kegiatan pengawasan memungkinkan pendidik memperoleh arah dalam mencapai tujuan dan belajar memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pembelajaran dengan imajinatif, penuh inisiaftif, dan kreatifitas, bukan konformitas (Djam’an Setari, 1989).

Supervisi akademik atau instruksional yang berkenaan dengan efektifitas eksternal biasanya berkenaan dengan aspek kualitatif, yang memberi jawaban pada pertanyaan bagaimana siswa belajar lebih baik. Tipe supervisi ini secara eksklusif dilaksanakan oleh staf pengawas lapangan untuk mengevaluasi hasil kerja guru dan  meningkatkan mutu pembelajaran. Supervisi akademik merupakan kegiatan terencana yang ditujukan pada aspek kualitatif sekolah dengan membantu guru melalui dukungan dan evaluasi pada proses belajar dan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.

Untuk mencapai hasil yang lebih maksimal maka dalam pengawasan perlu adanya pemilihan pendekatan dan metode yang tepat, terarah, dan terprogram yang meliputi aspek akademik maupun manajerial.

Dalam penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP,SMA,SMK Kecamatan Sekotong,Lembar,Gerung,Labuapi dan Kuripan, ada  Guru PAI yang telah mampu bekerja secara optimal, namun sebahagian lagi sebaliknya.. Untuk itu,  keberadaan pengawas  mempunyai andil yang cukup besar dalam membantu para guru untuk meningkatkan kinerjanya.

B.     Landasan Hukum
1.            Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Siikdiknas.
2.            Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
3.            Peraturan Pemerintah Republik Indonesia   Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.            Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
5.            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/madrasah
6.            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2009 tentang Beban Kerja Guru dan Pengawas Sekolah
7.            Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

C.  VISI, MISI dan TUJUAN PENGAWASAN
1.            Visi
Terwujudnya Pengawas yang Profesional, Mandiri dan berketeladanan.
2.          Misi
a.       Meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengawasan yang didasarkan pada prosedur dan kreteria yang jelas.
b.      Mengembangkan system pengawasana PAI yang lebih mandiri dan obyektif
c.       Melakukan koordinasi melalui fungsi pengawasan yang dilakukan melalui lintas atau multi instansi.
d.      Meningkatkan kualitas pengawas melalui workshop, diklat, seminar, dan diskusi.
e.       Melaksanakan pembinaan ke sekolah dalam rangka pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP).
f.       Melaksanakan Pembinaan ke sekolah dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam.
g.      Mendorong terwujudnya akuntabilitas kerja kepengawasan PAI.
3.    Tujuan
        Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah :
a.    memfasilitasi sekolah, kepala sekolah, dan guru dalam melaksanakan perbaikan pekerjaanya secara berkelanjutan dalam memenuhi standar nasional pendidikan.
b.   Guru PAI dapat menyusun perangkat pembelajaran PAI di sekolah dengan mengacu/sesuai kurikulum yang berlaku.
c.    Efektifnya pola pembinaan guru PAI, baik yang dilakukan oleh pengawas,  kepala sekolah, maupun oleh organisasi profesinya.
d.   Penyelenggaraan PAI yang dijadwalkan dalam bentuk tatap muka di kelas dapat berjalan  efektif dengan menggunakan pendekatan yang menciptakan suasana menyenangkan, ispiratif dan kreatif untuk  meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran PAI.
e.    Memaksimalkan fungsi  MGMP bagi guru PAI untuk menyalurkan aspirasinya.
f.    Terciptanya  koordinasi antara guru PAI dengan wali kelas dan pembina ekstrakurikuler  dalam membimbing/membina siswa yang akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis/non akademis dan  kegiatan ekstrakurikuler.
D. SASARAN DAN STRATEGI PENGAWASAN
1. Sasaran
Secara garis besar sasaran kepengawasan mencakup  (1)  input yakni Segala sesuatu yang harus tersedia karena dibutuhkan untuk    berlangsungnya proses, seperti : sumber daya, perangkat lunak, dan harapan-harapan proses, dan output, (2) Proses merupakan berubahnya sesuatu menjadi sesuatu yang lain yang lebih baik. Faktor-faktornya meliputi : peserta didik, guru, tenaga kependidikan, kurikulum, alat, dan buku pelajaran, serta kondisi lingkungan sosial dan fisik sekolah (3) Output meliputi kinerja guru, prestasi akademik dan prestasi non akademik
Sasaran tersebut dijabarkan dalam indikator pencapaian berikut :
a.       Terhimpun data kinerja sekolah  dalam memenuhi standar pengelolaan program jangka menengah dan tahunan dalam pemenuhan delapan standar nasional pendidikan.
b.      Terhimpun data kinerja  kepala sekolah  dalam perannya sebagai pemimpin pembelajaran.
c.       Terhimpun data kinerja kepala sekolah  dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi perubahan :
1)        Pengembangan perencanaan pembelajaran.
2)        Implementasi kurikulum dalam proses pembelajaran
3)        Pelaksanaan penilaian
4)        Supervisi pembelajaran
5)        Pemberdayaan TIK dalam pembelajaran
6)        Evaluasi perekembangan belajar
7)        Terhimpunnya data tentang pembinaan dan pendampingan pendidik dan tenaga kependidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
d.      Terhimpun data kinerja guru dalam pengembangan perencanaan pembelajaran yang meliputi sub indikator berikut:
1)         Mengembangkan program pembelajaran dan  perumusan RPP.
2)         Menerapkan pendekatan saintifik yang meliputi metode inquiri, proyek, dan pemecahan masalah.
3)         Mengintegrasikan RPP, buku guru, dan buku siswa dalam menunjang efektivitas pembelajaran.
4)         Mengembangkan  kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam pembelajaran secara seimbang.
5)         Menerapkan penilaian yang focus pada penilaian autentik dan penerapan Patokan Acuan Kreteria
2.      Strategi
Strategi Kepengawasan yang diterapkan pada kegiatan kepengawasan pada semester ini adalah sebagai berikut :
a.       Pertemuan pra-supervisi
b.      Pelaksanaan supervisi
1)      Monitoring input, proses, dan output
2)      Wawancara
3)      Studi dokumen
4)      Angket
5)      Penilaian
6)      Penyusunan Rekomendasi
c.      Pertemuan setelah supervisi
1)         Pendampingan
2)         Evaluasi–Refleksi terhadap seluruh kegiatan supervisi
3)         Kegiatan tindaklanjut:
a.          Pemantauan keterlaksanaan rekomendasi
b.         Perbaikan lanjutan
c.          Pembimbingan dan pelatihan  dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan
d.         Perbaikan Program
e.          Pembinaan
4)         Evaluasi dan pelaporan hasil supervisi akademik dilakukan setiap akhir bulan


E. ALUR KEGIATAN PENGAWASAN
Pada dasarnya alur kerja pengawas dapat digambarkan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang bererkaitan satu sama yang lainnya.  Dari menentukan sasaran dan tempat, kemudian menentukan sekolah dan guru binaan. Membuat program, menyusun jadwal untuk melaksanakan program sampai menilai  semua program yang sudah dilaksanakan. Sebagai rangkaian akhir adalah melakukan evaluasi dan menganalisa  akhir dari program program yang sudah dilaksanakan itu. Bila dalam bentuk bagan, maka akan terlihat seperti bagan di bawah ini.






ALUR KEGIATAN PENGAWASAN
                                                                                                               
                                                                              Pengawasan               Laporan                             e             l               
                                                          1           akademik&                       pengawasan                       v            a
                                                                      managerial                               akademik dan                               a            p
                                                                                                                Managerial                                         l   
                Menentukan                                                                                       Laporan                   u            e
                Sasaran dan                                       Pembinaan                                     Pembinaan  guru                                a            v
               Target                                 2              gurudan/atau                  dan / atau                           s            a
                                                                          Kepala sekolah              kepala sekolah                   I             l
                                                                                                                                                                        u
                                                                                                                                                          h            a
                                                                          Pemantauan                  Laporan                              a            s
Sekolah binaan                  3              SNP                              pemantauan                        s            i
               Guru dan kepsek                                                                                     SNP                                    i
                                                                                                                                                          l            h
                                                                    Penilaian Kinerja guru           Laporan PK Guru dan                   a
                                                          4         dan/atau kepala sekolah          dan/atau PKKS                               p           s
                                                                          ( PKKS )                                                                  e           i
                                                                                                                                                          g           l
                                                                                                               Laporan pelaksanaan          a
                                                                     Pembimbingan dan            Pembimbingan dan                             w
                                                          5           pelatihan Profesional       pelatihan                             a
                                                                    Guru dan/atau kepala                                                     s
                                                                          Sekolah                                                                    a             
                                                                                                                                                          n
                                                                                                               Evaluasi pelaksanaan
                                                                                                               Pembimbingan
                                                                                                               dan Pelatihan
                                                           



F. RUANG LINGKUP PENGAWASAN
Ruang lingkup pengawasan terdiri atas pengawasan Akademik dan pengawasan Managerial. Untuk lebih memahami ruang lingkup pengawasan, dapat dilihat pada model dibawah ini .



Lingkup
Pengawasan
Sasaran
Uraian Materi
Uraian Kegiatan
Akademik
1.Pembinaan Guru
Pembinaan  kompetensi guru yakni kompetensi pedagogic,professional,kepribadian,dan social melalui pelaksanaan tugas pokok guru dlm merencanakan ,melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran
1.Menyusun Program pembinaan Guru
2.Melaksanakan program Pembinaan Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi Hasil Pelaksanaan Pengawas an
4.Menyusun Laporan Pembinaan Guru
2.Pemantauan SNP
Pemantauan Pelaksanaan :
1.Standar Isi
2.Standar Proses
3.Standar Kompetensi Kelulusan
4.Standar Penilaian
1.Menyusun Program Peman tauan Guru
2.Melaksanakan Pemantauan Pelaksanaan SNP
3.Menganalisa dan Mengevalua si Hasil Pelaksanaan Peman tauan SNP
4.Menyusun  Laporan Pemanta uan SNP
3.Penilaian Kinerja Guru
Melakukan penilain terha dap kinerja guru selama satu tahun
1.Menyusun Program Penilaian Kinerja Guru
2.Melaksanakan Penilaian Kiner ja Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi hasil Pelaksanaan PK Guru
4.Menyusun Laporan PK Guru
4.Pembimbi ngan dan Pelatihan guru di MGMP/MGMP

1. Membina guru dalam hal yang belum dipahami guru terkait perangkat dan pelaksanaan pembelajran, aturan aturan baru dan pengembangan embelajaran.
2. Melakukan pembinan  kepada pengawas muda terkait tupoksi kepengawasan
1.Menyusun program pembim bingan dan Pelatihan Pro fesional Guru di MGMP/MGMP
2.Melaksanakan pembiimbingan dan pelatihan professional Guru
3.Menganalisa dan mengevaluasi Hasil Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru
4.Melaksanakan Pembimbingan Pengawas Muda dan/atau Pengawas Madya dalam melaksanakan Tugas Pokok
5.Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan Guru dalam melaksanakan PTK
Managerial
1.Pembinaan Kepala sekolah

1. Menyusun Program Pem binaan Kepala Sekolah
2. Melaksanakan Pembinaan
Kepala sekolah
3. Mengevaluasi Hasil Pem binaan Kepala Sekolah
4. Menyusun Laporan Hasil
Pembinaan Kepala Sekolah
2. Pemantauan
SNP
Pemantauan Pelaksa naan :
1. Standar Pendidik dan
  Tenaga  kependidikan
2. Standar Sarana Prasarana
3. Standar Pengelolaan;
4. Standar Pembiayaan.
1. Menyusun Program Pe mantauan  SNP
2. Melaksanakan Pema ntauan Pelaksanaan SNP
3.Menganalisis dan Meng evaluasi Hasil Pelaksa naan Pemantauan SNP
4. Menyusun Laporan Hasil
Pemantauan
3.Penilain  kinerja Kepala Sekolah
Penilaian Kinerja kepala Sekolah berdasarkan Tugas Pokok Kepala Sekolah dan tugas tambahan Kepala Sekolah sesuai dengan PermenPAN dan RB No 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan atau permendikbud tentang Juknis Jabatan Fungsional guru dan angka kreditnya. Aspek Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah Manajerial dan Akademik.
1. Menyusun Program  Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah
2.  Melaksanakan Penilaian
     Kinerja Kepala Sekolah
3. Menganalisis dan Mengevaluasi Hasil Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
4. Menyusun laporan Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
4.Pembimbing
    an dan pelatihan Kepala Sekolah di KKKS/MKKS
Pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah yaitu menyusun program kerja sekolah, pelaksanaan program kerja sekolah, program pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan s e ko lah , si s t e m in fo r m a s i manajemen, pembimbingan PTK/PTS, penyusunan RKAS dengan SNP, akreditasi sekolah
1. Menyusun Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah di KKKS/MKKS
2. Melaksanakan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah
3. Melaksanakan Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah dalam Menyusun Program Kerja Kepala Sekolah, Pelaksanaan Program Kerja Sekolah, Pengawasan dan Evaluasi, Kepemimpinan Sekolah dan Sistem Informasi Manajemen
4. Mengevaluasi Hasil Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah
5. Melaksanakan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan

G. TUJUAN DAN MANFAAT PROGRAM PENGAWASAN
1. Tujuan
Adapun tujuan dari program kepengawasan ini adalah : Memberikan pedoman dan arah dalam melaksanakan tugas kepengawasan sekolah dalam rangka pembinaan, penilaian, dan pemantauan satuan pendidikan.
2.      Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penyusunan program tahunan pengawas ini adalah ,pengawas sekolah dapat :
a)      Meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas kepengawasan untuk mewujudkan program kegiatan akademik sekolah dan peningkatan mutu pendidikan.
b)      Meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan sistem penjaminan mutu pengelolaan dan proses.
c)       Meningkatkan kinerja sekolah secara periodik dan terencana untuk mencapai standar nasional pendidikan.
d)     Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan sekolah dalam meningkatkan mutu layanan dan penjaminan mutu pendidikan.
e)      Meningkatkan pembinaan terhadap Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) untuk mengembangkan kemampuan profesional melalui pelaksanaan layanan dalam kolaborasi kelompok secara terprogram.

BAB II.
EVALUASI  HASIL  PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA

A. IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN
Dari semua kegiatan pengawasan yang dilakukan kepada guru binaan terkait dengan program Pembinaan guru, Pemantauan SNP, penilaian Kinerja Guru dan Pembimbingan dan Pelatihan yang diadakan maka dapat dirangkum sebagaimana  matrik dibawah ini :
No
Program
Aspek/
Materi
Supervisi
Target
Penca
paian
Hasil
Yang
Dicapai
Kesenjangan
Arternatif
Pemecahan Masalah
Keterangan
1.

Pembinaan
Guru

Penyusunan Silabus dan RPP

100%

70%

Pemahaman guru tentang tata cara peyusunan silabus dan RPP masih kurang. Begitu pula dalam hal menentukan alokasi waktu bagi penyam paian SK/KD dalam satu semester sehingga kebanyakan silabus yang dibuat belum dapat digunakan sepenuhnya.
Perbedaan pemahaman ini bermula dari penghitungan hari efektif yang berbeda antara satu guru dengan guru yang lain.


Pembinaan berkelanjutan dan terprogram


2.

Pemantauan
Pelaksanaan
SNP

1.Memantau penera pan standar isi  dalam pelaksanaan pembelajaran









2.Memantau sarana dan prasarana




3.Memantau pendidik dan tenaga kependidikan


100 %

75 %

Sebagian guru masih menggunakan acuan mengajar berupa buku paket bukan berdasarkan SK/KD yang tercantum dalam standar isi.
Ada bebrapa guru yang memiliki dokumen standar isi , namun jarang menggunakannya sebagai  acuan pelaksanaan pembelajaran.  Dukumen tersebut hanya dijadikan sebagai kelengkapan administrasi pembelajaran
 Belum tersedianya sarana dan prasarana ibadah di sebagian sekolah binaan dan sangat minimnya ABP untuk mata pelajaran PAI

GPAI semakin berkurang karena adanya GPAI yang purna bakti dan mutasi,namun belum ada penggantinya. GPAI yang honorer sebagian belum professional karna pendidikan yang belum memadai


Soosialisasi tentang standar isi yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaean









Menyarankan kepada kepala sekolah untuk mengusahakan jalan keluar dengan benjalin kerjasama dengan pihak ketiga
Mengangkat GPAI honorer yang memnuhi persyaratan

3.

Penilaian
Kinerja Guru



Meningkatkan mutu kompetensi pedagogik dan profesional, 


100 %

75 %

Peningkatan mutu kompetensi kompetensi untuk menunjang efektivitas penerapan kurikulum.


Meningkatkan kompe tensi profesional sesuai dengan kebutuhan penerapan kurikulum








4.

Pembimbi ngan dan
Pelatihan Guru

Perencanaan pembelajaran sesuai dengan SKL












Penggunaan Multi metode

100 %















100 %

75 %















75 %

Belum seluruh pendidik mengembangkan RPP sesuai dengan karakteristik kurikulum. Guru lebih cenderung menggunakan RPP yang sudah dibuat pada tahun sebelumnya, tanpa mau merevisi dan menelah ulang sesuai dengan kondisi mengajar saat itu.

Masih ada guru yang tidak memvariasikan cara mengajar. Hanya menggunakan metode  yang menjadikan guru sebagai central teacher. Sebagai pusat informasi.


Supervisi membantu memperbaiki proses dan hasil pembelajaran




B.        EVALUASI DAN ANALISA HASIL KEPENGAWASAN
Dalam kegiatan evaluasi dan analisa kepengawasan  secara garis besar digambarkan sebagai berikut :
No
Aspek/
Materi
Kegiatan
Sasaran
Target
( % )
Metode
Hambatan
Keterca paian
( % )
1
Penyusunan Silabus dan RPP
Pembinaan
Guru
100
FGD
Jarak antar sekolah jauh

75
2


Penerapan standar isi dalam pelaksanaan pembelajaran


Sosialisasi dan workshop


Guru


100


FGD
Masih ada guru yang kurang menguasai IT

80
3.

Peningkatkan mutu kompe tensi  pedagogik dan profesi


Pelatihan

Guru

100

FGD

Sebagian guru ada yang masih honorer sehingga kurang fokus untuk mengikuti kegiatan

4

Perencanaan pembelajaran sesuai dengan SKL



Pembinaan

Guru

100

FGD

Masih ada guru yang kurang menguasai IT

5.

Penggunaan Multi metode

Pembinaan

Guru

100

FGD
Masih ada guru yang kurang menguasai IT











BAB III
PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS SEKOLAH



No
Program

Uraian Kegiatan

Target Yang diharapkan
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
Menyusun program kepengawasn
Program kepengawasan
Memiliki dokumen program tahunan pengawasan
Pengawas sekolah
1
2
3
4
5
2.
Pembinaan dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013

Pembinaan Guru
100% guru  binaan mampu menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013 dengan benar

Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
3.
Penyusunan perangkat penilaian


100% guru  binaan mampu menyusun perangkat penilaian berdasarkan kurikulum
2013 dengan benar

Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
4.
Pemahaman instrument PKG
Penilaian Kinerja Guru
100% guru  binaan  sudah di nilai kinerjanya oleh pengawas


Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan

Menganalisa hasil  PKG



6.
Pengembangan Metode Pembelajaran

Pembimbingan dan Pelatihan Guru
100% guru  binaan mampu menyusun perangkat penilaian dengan menggunakan muti metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran


5.
Pengembangan pembelajaran berbasis saintifik

100% guru  binaan mampu mengembangkan pembelajaran berbasis saintifik


Semua GPAI yang ada pada sekolah binaan
6.
Penyusunan KTI

50 % guru  binaan yang sudah profesional mampu menyusun KTI dengan benar


Guru yang sudah tersertifikasi

Pemantauan PPDB
Pemantauan 8 SNP
100 % sekolah binaan telah melaksanakan PPDB sesuai dengan juknis yang berlaku dan diperolehnya data jumlah siswa menurut agama.

 Semua sekolah binaan
7.
Pemantauan Pendik

100 GPAI sudah memenuhi persyaratan sebagai GPAI yang sesuai dengan peraturan yang berlaku


Semua sekolah binaan
8.
Pemantauan sarana dan prasarana

100 % sekolah binaan telah memiliki sarana dan prasarana yang dapat digunakan oleh warga sekolah untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya masing masing.



Semua sekolah binaan
9.
Pemantauan pelaksanaan standar isi

100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran sesuai dengan SNP.


Semua sekolah binaan


10.


Pemantauan SKL

100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran sesuai dengan SNP.


Semua sekolah binaan

11.

Pemantaun Standar Proses



100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran sesuai dengan SNP.


Semua sekolah binaan

12.

Pemantauan Standar Penilaian


100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran sesuai dengan SNP.


Semua sekolah binaan

13.


Pemantauan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler


100 % sekolah binaan telah melaksanakan pemeblajaran sesuai dengan SNP.


Semua sekolah binaan
                                                               



























BAB IV
PROGRAM SEMESTER


A.       PROFIL SEKOLAH BINAAN
Program semester  pengawasan yang dilakukan pada tahun pelajaran ini meliputi 68 sekolah, dengan 108 guru binaan . dan dalam laporan ini ditampilkan beberapa profil sekolah binaan sebagai sample,antara lain   sebagai berikut :
1.
Nama Sekolah
:
 SMPN 3 GERUNG

Kepala Sekolah
:
 ABDUL HARIS, M.Pd

NIP
:
19641210199003014

Alamat Sekolah
:
 Jl. Raya Kebon Ayu lobar

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esaberprestasi dan peduli lingkungan

Misi
:
1.   Menciptakan belajar yang relegius,bersih,indah,aman dan nyaman
2.   Membentuk peserta didik yang jujur,taat,disiplin dan sopan
3.   Membentuk peserta didik yang  kreatif,mandiri,kuat rasa ingin taunya serta gemar membaca
4.   Membentuk peserta didik yang demokratis,cinta tanah air,peduli lingkungan, dan bertanggung awab
5.   Memberikan pelayanan  peserta didik secarapropsional untuk mewujudkanpeserta akademik dan non akademik
6.    Meningkatkan pran aktif orang tuasiswa dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pendidikan.

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





2.
Nama Sekolah
:
SMPN 4 Gerung

Kepala Sekolah
:
Rohanah,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl.jendral Sudirman No 1.gerung

Semester / Tahun Pelajaran
:
I /2016-2017

Visi
:
Beriman bera khlak mulia, unggul dalam prestasi dan berwawasan lingkungan

Misi
:
1.Melaksanakan pembelajaran sesuai ajaran agama yang dianut
2. mewujudkan peserta didik rta didik yang cerdas
3. . mewujudkan peserta didik yang memiliki wawasan global
4. . mewujudkan peserta didik yang berkaraker
5. Mewujudkan peserta didik yang kompetetif

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





3.
Nama Sekolah
:
SMPN 3 Labuapi

Kepala Sekolah
:
Sumasno,SE,MM

Alamat Sekolah
:
Jl.Raya Merembu Kec.Labuapi Lobar

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
BERIMAN, BERPRESTASI , TERAMPIL DAN BERBUDAYA

Misi
:
1.       PENGINTEGRASIAN IMTAQ MELALUI PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH
2.       MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DAN INTERAKTIF
3.       MEBERIKAN KETERAMPILAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN IPTEK DAN KERAJINAN TANGAN
4.       MENUMBUHKAN BUDAYA BELAJAR DAN BUDAYA BERSIH


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





4.
Nama Sekolah
:
SMPN 2 Kuripan

Kepala Sekolah
:
Darsiah, S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jln.Pramuka No.2 Kuripan Lobar

Semester / Tahun Pelajaran
:
I / 2016-2017

Visi
:
Terwujudnya insan berprestasi, terampil, sehat beriman dan bertaqwa

Misi
:
1.   Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan kreatif.
2.   Memberikan ketrampilan agar memiliki kecakapan hidup ( live skill ).
3.   Melaksanakan pendidikan jasmani dan kesehatan sehingga tercipta  insan yang sehat jasmani dan rohani.
4.   Menananmkan nilai kebersamaan agar membangkitkan rasa keperdulian terhadap lingkungan semakin meningkat.
5.   Menerapkan kehidupan beriman dan bertaqwa secara berkelanjutan.


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





5.
Nama Sekolah
:
SMPN 2 lABUAPI

Kepala Sekolah
:
H.MUSTAJAB,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl.KH.Akhmad Dahlan

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Mewujudkan peserta didik yang agamis,berkepribadian ,beriman ,peduli dan  berbudayalingkungan serta ramah lingkungan

Misi
:
1.   Menciptakan lingkungan sekolahyang agamis,kreatif,inofatif,bersih,beriman,peduli dan berbudaya lingkungan serta ramah lingkungan
2.   Memotifasi siswa untuk menjadi potensi dirinya secara optimal
3.   Menumbuh kemnangkan sikaptauladan warga sekolahdalam upaya mewujudkan nilai-nilai budaya yang  etis,estetika  serta peduli dan berbudaya lingkungan
4.   Meningkatkan peran aktif orang tua dan masyarakat untuk  mendukung kegiatan pendidikan
5.   .


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





6.
Nama Sekolah
:
SMPN 1 Gerung

Kepala Sekolah
:
H.Junaidi,S.Pd,M.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl.Gatot Subroto Gerung

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Bertaqwa berprestasi,berketerampilan dan berbudaya yang dilandasi dengan nilai patut,patuh,pacu

Idikator visi
:
1.Terwujudnya suasana sekolah yang kondusif dan harmonis dalam nuansa yang relegius
2. terwujudnya prestasi dalam bidang akademis dan non akademis
3. Terwujudnya penguasaan imtek pada warga sekolah
4. Terwujudnya penguasaan bahasa asing
5. terwujudnya warga sekolah yang memiliki etos kerja

Misi

1.Memperdalam  pemahaman terhadap agama yang dianut melalui penginterakasian imtaq kedalam tiap mata pelajaran  dan pelaksanaan imtaq yang terprogram
2. Menciptakan suasana sekolah yang kondusif  untuk pelaksanaan pembelajaran  dan bimbingan yang efektif dan efesien
3. Meningkatkan prestasi akademik dan nono akademik melalui  proses pembelajaran yang disiplin dan mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler
4. Meningkatkan kemampuan iptek a penguasaan bahasa asing
5. Melaksanakan bbudaya 5 S (sapa ,senyum dst..)
6. Menerapkan menejemen keterbukaan dan kebersamaan seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah.

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





7.
Nama Sekolah
:
SMPN 5 Gerung

Kepala Sekolah
:
Jln Selaparang ,reyan Gerung

Alamat Sekolah
:


Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Beriman, bertaqwa berprestasi berbudaya

Misi
:
1.     Menanamkan keimanan/ akidah melalui imtaq.
2.     Mengupayakan penuntasan belajar.
3.     Melaksanakan pilar MBS transparan, akuntabelitas dan KBM dengan pola pakem.
4.     Mewujudkan kerjasama yang harmonis.
5.     Megembangkan budaya local.


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





8.
Nama Sekolah
:
SMPN 1 sekotong

Kepala Sekolah
:
H.Masban, S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl. Raya Buwun Mas no 17 Sekotong

Semester / Tahun Pelajaran
:
I / 2016-2017

Visi
:
Berakhlak mulia,cerdas,trampil dan berbudaya.

Misi
:
1.     Membiasakan siswa siswi berprilaku disiplin
2.     Mendidik siswa siswi agar cerdas untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
3.     Menumbuhkembangkan semangat agar terampil untuk hidup mandiri.
4.     Mengoptimalkan proses pembelajran dan bimbingan secara intensif dan efektif untuk mencapai prestasi.
5.     Menumbuhkan penghayatan dan pengalamanan ajaran agama supaya berakhlak mulia , beriman dan bertaqwa.

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





9.
Nama Sekolah
:
SMPN 2 Lembar

Kepala Sekolah
:
H.L suhandi,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl raya Sekotong Timur

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Sekolah yang memiliki lingkungan yang bersih, aman, nyaman, disiplin dan berprestasi yang dilandasi iman dan taqwa

Misi
:
1.   Membudayakan hidup sehat, rapid an disiplin.
2.   Meningkatkan mutu pendidikan akademik dan non akademik.
3.   Meningkatkan peran agama dan budi pekerti akhlak mulia melalui kegiatan imtaq.
4.   Meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pelaksanaan program sekolah.
5.    Mengutamakan proses belajara mengajar dan bimbingan serta pendidikan budaya dan pendidikan berkarakter.


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





10.
Nama Sekolah
:
SMPN 3 kuripan

Kepala Sekolah
:
Drs.Hamdi

Alamat Sekolah
:
Jln giri Sasak Kuripan Lobar

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Beriman , maju dan bermutu

Misi
:
1.      Melaksanakan pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan agama dan kegiatan imtaq
2.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbngan yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
3.      Menumbuhkan semangat maju kepada warga sekolah.
4.      Meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





11.
Nama Sekolah
:
SMPN 1 Labuapi

Kepala Sekolah
:
H.nurdin,s.Pd

Alamat Sekolah
:
Jln gunung Pengsong Labuapi

Semester / Tahun Pelajaran
:
 1 / 2016-2017

Visi
:
Unggul iman dalam mutu,berkeperibadian ,berbudaya  berdasarkan  iman dan takwa

Misi
:
1.Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga  dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
2.Menwumbuhkan semangat unggul  secara intensif
3.Mendorong dan membantu sisswa  untuk mengenal potensi diri

Identifikasi Masalah
:





12.
Nama Sekolah
:
SMPN 1 lembar

Kepala Sekolah
:
H.saidi,s.Pd

Alamat Sekolah
:
Jln yos Sudarso Lembar

Semester / Tahun Pelajaran
:


Visi
:




Misi
:







Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





13.
Nama Sekolah
:
SMPN 4 lembar

Kepala Sekolah
:
Halil,M.Pd.

Alamat Sekolah
:
Mareje

Semester / Tahun Pelajaran
:
1/20016/2017

Visi
:
Berimtaq,berprestasi,mandiri dan berwawasan lingkungan

Misi
:


Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





14.
Nama Sekolah
:
SMKN 2 Sekotong

Kepala Sekolah
:
,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Pelangan

Semester / Tahun Pelajaran
:
1/20016/2017

Visi
:
Unggul dalam menghasilkan lulusan,terampil,mandiri serta berakhlak mulia yang kompetetip baik untuk dalam maupun luar negeri

Misi
:
1.     Membina karakter siswa menjadi yang berakhlak mulia
2.     Mendidik dan melatih siswa hingga terampil sesuai dengan kompetensi/keahliannya
3.     Menanamkan jiwa wira usahayang handal dan mandiri
4.     Meningkatkan prestasi warga sekolah baik akademis maupun non akademis
5.     Mengembangkan pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten
6.     Menyediakan sarana dan prasarana yang refresentasif dalam lingkaran belajar yang kondusif
7.     Meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industry serta industry lainnya..

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





15.
Nama Sekolah
:
SMAN Kuripan

Kepala Sekolah
:
H.M.Taufik,M.Si

Alamat Sekolah
:
Kuripan Lombok Barat

Semester / Tahun Pelajaran
:
1/2016/2017

Visi
:
Unggul dalam mutu,beriman dan berbudaya yang berwawasan lingkungan

Misi
:
1.Melaksanakana pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara oftimal  sesuai dengan potensi yang dimiliki
2. Menumbuhkan semangat keungglan dan persaingan yang sehat dalam memperoleh prestasi akademik dan non akademik bagi seluruh warga sekolah
3. mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal
4.Menumbuhkan kwwalitas dalam beribadahsesuai agama masing-masing sehingga memiliki toleransi yang tinggidan menjadi sumber kearifan  dalam berfikir,berkata dan bertindak.
5.Membudayakan nilai-nilai budi pekerti,tata karma dalam pergaulan sehingga menjadi pribadi yang santun dan disiplin serta berakhlak mlia
6.mengembangkan sekolah menuju sekolah sehat dan berwawasan lingkungan.
3.       

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





16.
Nama Sekolah
:
SMKN 2 KURIPAN

Kepala Sekolah
:
H.SUDIRMAN,S.Pd

Alamat Sekolah
:
KURIPAN UTARA

Semester / Tahun Pelajaran
:
1/2016/2017

Visi
:
Menjadi SMK yang menghasilkan tamatan yang bertaqwa memiliki keperibadian,menguasai IPTEK dan berjiwa agar memiliki daya saing dalam era globalisasi

Misi
:
1.Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif melalui  agama,norma hokum,norma masyarakat dan professional
2. Meningkatkan mutu proses pembelajaran untuk menuju  standar internasional dengan dukungan IPTEK dan berbasis ICT
3.Mengembangkan bakat,minat dan kreatifitasyang berbasis pada pembinaan sikap mental dan aspek social pada pesrta didik
4.meningkatkan kerjasama dengan indusstri berstandar internasional dan nasional dalam peningkatan mutu pe mbelajaran serta pemasaran tamatane
5.Mengembangkan bisnis center dan sikap mentalwirausaha menuju kemandirian sekolah

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





17.
Nama Sekolah
:
SMAN 1 Labuapi

Kepala Sekolah
:
Drs.maryadi,MM

Alamat Sekolah
:
Jalan Gunung Pengsong Telagawaru

Semester / Tahun Pelajaran
:
I/2016-2017

Visi
:
Mewujudkan warga sekolah yang unggul,berwawasan IMTAQ,IPTEK Mandiri dan bermartabat

Misi
:
1.     Meningkatkan iman taqwa terhadap tuhan yang maha Esa
2.     Melaksakan wawasan wiyatamandala yang relegius
3.     Memberikan pelayanan  yang berkwalitas dan berbasis kompetensi
4.     Mengembangkan kreatifitas usaha
5.     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif,efesien dan bermakna agar setiap siswa dapat mengembangkan potensinya secara optimal
6.     Mengembangkan sistim menejemen  parsitioatif yang melibatkan seluruh stoukhoulder
7.     Mengembangkan kerjasama social  dengan masyarakat sekitar
8.     Membudayakan sekolah bersih,sehat dan indah sehingga mampu meningkatkan kwalitas belajar peserta didik
9.     Membentuk peserta didik yang memiliki serta mampu menghargai harkat dan martabat orang lain

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





18.
Nama Sekolah
:
SMAN 1 SEKOTONG

Kepala Sekolah
:
IDRIS,S.Pd.

Alamat Sekolah
:
Jln Raya Sekotong Tengah

Semester / Tahun Pelajaran
:
1,2016/2017

Visi
:
Berprestasi,berkeperbadian, dan berdaya saing

Misi
:
1.     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan  yang berkwaitas
2.     Menumbuh kembangkan keperibadian bangsa Indonesia
3.     Membentuk insane yang kompetetif
(regional,nasional,global).

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





19.
Nama Sekolah
:
SMAN 2 Labuapi

Kepala Sekolah
:
H.M.junaidi,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl.TGH.Ibrahim Merembu labuapi

Semester / Tahun Pelajaran
:
I /2016-2017

Visi
:
Cerdas ,beriman,dan terampil

Misi
:
1.     Meningkatkan pembelajaran di kelas
2.     Menumbuhkan semangat belajara dan minat membaca kepada siswa.
3.     Menumbuhkan penghayatan dan pengalaman ijaran agama berdasarkan iman dan taqwa.
4.     Menciptakan suasana dan pengalamana belajar yang berwawasan lingkungan.
5.     Meningkatkan  kompetensi guru dan karyawan

Identifikasi Masalah
:
GPAI belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013





20.
Nama Sekolah
:
SMPN  2 Gerung

Kepala Sekolah
:
H.Rofiqah,S.Pd

Alamat Sekolah
:
Jl.unung Sasak Dasan Gres

Semester / Tahun Pelajaran
:


Visi
:
Memperhatikan potensi yang paling actual sesuai dengan kemajuan iptek, norma dan harapan masyarakat

Misi
:
Melaksanakan proses pembelajaran  dan bimbingan secara aktif, efektif  efesien dan berkualitas.











B.     DISKRIPSI PROGRAM SEMESTER

No
Aspek/Materi Pengawasan

Tujuan
Sasaran
Target
Keberhasilan
Indikator
Keberhasilan
Metode Kerja
Waktu
Tempat


Menyusun program pelaksanaan kepengawasan  tahunan


Tersusunnya program kepengawasan selama satu tahun

Peogram pengawasan
Terarahnya kegiatan kepengawasan selama 1 tahun

Adanya dokumen program tahunan pengawasan

Tugas Mandiri

Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2

Kantor Kemenag kab Lombok Barat

A.


Pembinaan Guru dan /atau Kepala Sekolah

Pembinaan  dalam penyusunan perencanaan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013

Guru PAI
Tersusunnya perencanaan pembelajaran PAI sesuai dengan kurikulum 2013
Adanya dokumen  perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
MGMP,FGD dan tugas mandiri
Oktober  Minggu ke 3  s. d  bulan Nopember minggu ke   5
GPAI kecamatan Gunungsari

Pembinaan  dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013
Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas yang sesuai dengan kurikulum 2013

Guru PAI
Terlaksananya proses pembelajaran PAI sesuai dengan kurikulum 2013
Tersusunnya Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
MGMP,penilaian diri , tugas mandiri, dan  observasi

GPAI kecamatan Gunungsari

Pembinaan  dalam penyusunan perangkat penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013

Guru PAI
Tersusunnya perangkat penilaian PAI sesuai dengan kurikulum 2013
Adanya dokumen penilaian siswa yang sesuai dengan kurikulum 2013
MGMP,FGD dan tugas mandiri

GPAI kecamatan Gunungsari

B.


Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan

Pemantauan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru
Terlaksananya  penerimaan siswa baru sesuai dengan juknis yang berlaku

Peserta didik baru dan jumlah peserta didik Tahun pelajaran  2016-2017

Diperoleh data tentang peserta didik baru dan jumlah siswa menurut agama

Adanya data yang valid tentang jumlah siswa menurut agama pada sekolah binaan

Observasi
Dan pendataan

Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV

Semua sekolah binaan

Pemantauan   standar pendidik dan tenaga kependidikan
Terdatanya GPAI dimasing masing sekolah binaanPelaksanaan penerimaan siswa baru sesuai dengan juknis yang berlaku

GPAI di seluruh sekolah binaan Tahun Pelajaran 2016-2017

Diperoleh data tentang  GPAI di seluruh sekolah binaan

Adanya data yang valid tentang jumlah GPAI  pada sekolah binaan

Observasi dan pendataan

Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV

Semua sekolah binaan


Pemantauan Standar sarana dan prasarana

 Terdatanya jumlah sarana dan prasarana  9 tempat ibadah ) pada sekolah binaan
Sarana  ibadah dan ABP PAI

Diperolehnya data tentang jumlah sarana ibadah ABP PAI pada masing masing sekolah binaan

Adanya data yang valid tentang jumlah sarana ibadah dan ABP PAI pada kecamatan binaan

Observasi dan pendataan

Juli minggu ke IV – Agustus minggu ke IV

Semua sekolah binaan


Pemantauan pelaksanaan standar isi


Semua GPAI memiliki dokumen standar isi
GPAI

Terpenuhinya program Standar isi

Adanya dokumen tentang Standar Isi

Observasi dan pendataan

September minggu ke 1 s.d Oktober minggu ke 2


Sekolah binaan











Pemantauan standar Kelulusan


Semua GPAI memiliki dokumen standar isi

GPAI

Terpenuhinya program Standar isi

Adanya dokumen tentang Standar Isi

Observasi dan pendataan




Pemantauan Standar Proses


Terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan Standar Proses yang berlaku

GPAI

Terpenuhinya program Standar isi

Adanya dokumen tentang StandarProses

Observasi dan pendataan



Semua GPAI yang ada di sekolah binaan


Pemantauan Standar Penilaian


Semua GPAI memiliki dokumen standar penilaian
GPAI

Terpenuhinya program Standar isi

Adanya dokumen tentang Standar Isi

Observasi dan pendataan

Desember minggu ke 1




Pemantauan pelaksanaan kegiatan Ekstrakulikuler








C.


Penilaian Kinerja Guru



Pemahaman instrument PKG



Adanya pemahaman GPAI tentang PKG


Intrumen PKG


Semua GPAI tersertifikasi paham tentang intrumen PKG



Hasi PKG baik


Observasi dan penilaian


Desember minggu 2


Sekolah binaan


Penilaian Kinerja Guru




Guru PAI yang sudah tersertifikasi

 Semua guru PAI yang sudah tersertifikasi




Desember minggu ke 3-4


D


Pembimbingan dan Pelatihan Guru dan/atau Kepala Sekolah dan /atau  Pengawas Muda



Pengembangan Metode Pembelajaran










Pengembangan pembelajaran berbasis saintifik
















No
Aspek/Materi Pengawasan

Tujuan
Sasaran
Target
Keberhasilan
Indikator
Keberhasilan
Metode Kerja
Waktu
Tempat


Menyusun program pelaksanaan kepengawasan  tahunan


Tersusunnya program kepengawasan selama satu tahun

Peogram pengawasan
Terarahnya kegiatan kepengawasan selama 1 tahun

Adanya dokumen program tahunan pengawasan

Tugas Mandiri

Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2

Kantor Kemenag kab Lombok Barat


Pembimbingan  dalam menyusun program kepengawasan bagi Pengawas Muda

Tersusunnya program kepengawasan bagi pengawas Muda

Pengawas Muda
Adanya pemahaman tentang program kepengawasan bagi pengawas muda


Adanya dokumen program yang disusun Pengawas Muda

Tugas Mandiri

Juli minggu 1-3
Januari minggu ke 1-2

Kantor Kemenag kab Lombok Barat


Pembimbingan dalam menyusun laporan kepengawasan bagi pengawas muda


Tersusunnya laporan kepengawasan bagi pengawas Muda

Pengawas Muda
Adanya pemahaman tentang penyusunan laporan  kepengawasan bagi pengawas muda


Adanya dokumen laporan kepengawasa yang disusun Pengawas Muda

Tugas Mandiri

Desember minggu ke 4 -5

Kantor Kemenag kab Lombok Barat


Membedah Buku Kerja pengawas


Tersusunnya program kepengawasan bagi pengawas Muda

Pengawas Muda
Adanya pemahaman tentang program kepengawasan bagi pengawas muda


Adanya dokumen program yang disusun Pengawas Muda

Tugas Mandiri




Januari 2017 minggu ke 1-2

Kantor Kemenag kab Lombok Barat


Penyususnan KTI







Januari 2017 minggu ke 1-2



Menyusun  Laporan
pemantauan







Desember minggu ke 4 -5

Juli minggu ke 3 -4





Menyusun Laporan
Pembinaan







Desember minggu ke 4 -5

Juli minggu ke 3 -4




Menyusun Laporan PKG






Desember minggu ke 4 -5

Juli minggu ke 3 -4
















                                                                                                                                           Giri Menang,
Mengetahui
Ketua Pokjawas-PAI                                                                                                         Pengawas PAI


H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I                                                                                                   H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I
NIP. 196812311997031008                                                                                              NIP. 196812311997031008






BAB V
RANCANGAN KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )

NO
JENIS KEGIATAN/
ASPEK/MASALAH
TUJUAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
STRATEGI/METODE KERJA
(TEKHNIK SUPERVISI)
SKENARIO KEGIATAN
SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN
PENILAIAN DAN INSTRUMEN
RENCANA DAN TINDAK LANJUT
1.
Memeriksa kelengkapan prangkat pembelajaran guru
Setiap guru memiliki prangkat pemelajaran yang lengkap

Prangkat pembelajaran guru PAI lengkap
Memeriksa kelengkapan prangkat pembelajaran guru
terlampir
Bahan dan prangkat pembelajaran guru
terlampir
Melengkapi prangkat pembelajaran yang belum lengkap
2.
Membimbing GPAI dalam menganalisa hari efektif dan menyusun program tahunan

Tersusunnya program tahunan pelajaran PAI sesuai dengan kalender pendidikan tahun berjalan

Guru PAI dapat menganalisa hari efektif dan  menyusun program tahunan
Membimbing GPAI lewat kegiatan MGMP
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
Bahan dan format2 penyusuna hari efektif
Terlampir
Program tahunan yang sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia dalam tahun berjalan


3.
Membimbing GPAI dalam menyusun program semester dan Silabus
Tersusunnya silabus dan program semeter mata pelajaran PAI sesuai denganSK/KD dan alokasi waktu yang ada pada tahun berjalan

Dimilikinya Silabus dan program semeter lewat kegiatan MGMP PAI dan KKM secara langsung
Membimbing GPAI lewat MGMP
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
Dana MGMP
Pedoman penyu
Sunan KTSP
Terlampir
Silabus dan program semester yang telah disusun/dibuat dijadikan pedoman dalam KBM

4.
Membimbing GPAI menyusun RPP
Tersusunnya RPP  yang sesuai dengan SK/KD dan alokasi waktu yang sesuai dengan tahun berjalan

Dimilikinya RPP yang sesuai dengan SK.KD dan alokasi waktu yang ada
Membimbing GPAI lewat MGMP
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
Dana MGMP
Pedoman penyu
unan KTSP
Terlampir
RPP yang tersususn dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran



5.
Pelaksanaan Program Pembelajaran
Guru mampu mengelola kelas dan
Proses KBM dengan baik
Guru menguasai materi,teknik pembe-
lajaran,metode,evaluasi dan penggunaan prasarana dengan baik
Menilai dan membina
GPAI dalam KBM

Mengelola kelas,materi pelajaran,
Metode,teknik pembelajaran,media pembelajaran
Pembinaan GPAI, kreatifitas dan inovasi pembelajaran
Dana MGMP PAI dan Pokjawas
Terlampir
Monitoring dan evaluasi PBM
6.
Pelaksanaan prosedur penilaian yang tepat
Tersusunnya pedoman  penilaian mata pelajaran PAI yang benar
Dimilikinya  pedoman penilaian  lewat kegiatan MGMP PAI dan KKM secara langsung
Membimbing GPAI lewat MGMP
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
Dana MGMP
Pedoman penyusuna penialaian
Terlampir
Pedoman penilaian yang telah

disusun/dibuat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penilaoian




7.
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan
Tersusunnya program kulikuler yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan

Dimilikinya  program kulikuler yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan
Bersama guru GPAI menyusun kegiatan ekskul yang terkait bidang keagamaan
Pembinaan GPAI melalui MGMP PAI
Dana MGMP
Terlampir
Melaksanakan kegiatan ekskul keagamaan  dan mengadakan lomba yang terkait


                                                                                                                                           Giri Menang,
Mengetahui
Ketua Pokjawas-PAI                                                                                                         Pengawas PAI


H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I                                                                                                   H.Sukman,S.Ag, M.Pd.I
NIP. 196812311997031008                                                                                              NIP. 196812311997031008















LAMPIRAN

1.      Surat Tugas Pengawasan
2.      Data guru dan sekolah binaan
3.      Program Tahunan
4.      Program Semester
5.      Program Pelaksanaan 8 Standar Pendidikan
6.      RKA
7.      Contoh-contoh instrument pengawasan yang telah diisi/diolah.
8.      Dan data lain yang relevan.



1 komentar:

  1. Terima kasih postingannya izin sher semoga jadi berkah untuk bapak penyusun dan membantu kami mencontoh

    BalasHapus